nusabali

Siswa Karauhan, SMPN 1 Selat Gelar Rsi Gana

  • www.nusabali.com-siswa-karauhan-smpn-1-selat-gelar-rsi-gana

AMLAPURA, NusaBali
Puluhan siswa SMPN 1 Selat karauhan (kesurupan) saat piodalan Saraswati tahun 2019, Saniscara Umanis Watugung, Sabtu (7/12).

Akibat karauhan itu, SMPN 1 Selat merencanakan menggelar upacara pacaruan Rsi Gana, nyikut karang, melaspas tembok panyengker palinggihpadmasana, dan nubung daging di padmasana sekolah. Upacara digelar pada Sukra Pon Kulantir, Purnama Kasanga, Jumat (26/2) besok.

Para guru dan pegawai tata usaha telah melakukan persiapan. Kasek SMPN 1 Selat I Nengah Sikiarta didampingi Ketua Komite I Wayan Mara mengatakan, setelah puluhan siswa karauhan saat merayakan Saraswati tahun 2019, sempat mohon petunjuk Ida Bagus Mardika di Geria Koulu Biau, Banjar Gunung Biau, Desa Muncan, Kecamatan Selat. Petunjuknya agar menggelar upacara pacaruan dan nubung daging.

Terakhir upacara itu digelar pada tahun 2004. Pentingnya menggelar upacara nyikut karang karena adanya pembangunan dua ruang kelas memanfaatkan lahan baru sehingga untuk mempersatukan lahan itu ke halaman sekolah sebelumnya perlu upacara khusus. Harapannya tidak ada lagi pengaruh buruk secara niskala. Nengah Sikiarta menegaskan, saat puncak upacara nanti tidak menghadirkan siswa, termasuk pengurus OSIS. Hanya menghadirkan guru, pegawai tata usaha, dan pengurus komite sekolah. Tujuannya agar tidak terjadi kerumunan karena masih pandemi Covid-19. Upacara pacaruan Rsi Gana digelar juga atas restu Bendesa Adat Muncan Jro Gede Suwena Putus Upadesa. “Harapan ke depan, tidak ada lagi gangguan secara niskala,” harap Nengah Sikiarta yang mantan Kasek SMPN 2 Selat dan Kasek SMPN 3 Selat ini. *k16

Komentar