nusabali

Diguyur Hujan, Lima Pohon Bertumbangan

  • www.nusabali.com-diguyur-hujan-lima-pohon-bertumbangan

AMLAPURA, NusaBali
Diguyur hujan lebat dan angin kencang sebanyak lima pohon di lima lokasi berbeda bertumbangan.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Satu-satunya kejadian yang menyebabkan kerugian material terjadi di SMK Nusa Dua Toya Anyar, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu. Pohon santen panjang sekitar 12 meter dengan diameter 1 meter tumbang menimpa garase sekolah dan menindih satu unit motor Honda Scoopy.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, mengatakan pohon sengon setinggi 15 meter dengan diameter 80 cm yang tumbang di Banjar Keladian, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang menimpa kabel PLN.  Petugas TRC BPBD berkoordinasi dengan petugas PT PLN agar aliran listrik dipadamkan untuk sementara. Setelah aliran listrik padam, petugas TRC BPBD baru bisa bekerja. Syukurnya di jalur terjadinya musibah, arus lalu lintas sepi sehingga tidak ada pengendara tertimpa kayu.

Sedangkan pohon lamtoro yang tumbang di Lingkungan Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem menutupi sebagian bahu jalan Amlapura-Denpasar. Pohon book yang tumbang di Lingkungan Juuk Manis, Kelurahan Karangasem panjang 10 meter dan diameter 30 cm menimpa jalan raya. Satu lagi pohon awar-awar dan kayu santen tumbang menimpa jalan raya di Banjar Tanah Lengis, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem, menimpa akses jalan Amlapura-Singaraja. “Semua pohon tumbang telah tertangani, karena TRC BPBD berbagai tugas. Semua penanganan prioritas karena yang terjadi menimpa jalan raya,” kata Ida Ketut Arimbawa.

Ida Ketut Arimbawa tetap berharap agar peran serta masyarakat turut melakukan penanganan. Sebab, jumlah petugas terbatas terkadang terjadi pohon tumbang dan tanah longsor di banyak lokasi. Rencananya ke depan memberdayakan relawan desa tangguh bencana yang telah dibentuk agar aktif jika terjadi musibah di wilayah desanya masing-masing. Apalagi relawan tangguh bencana telah dapat pelatihan cara melakukan mitigasi. *k16

Komentar