nusabali

Banjar Blungbang Jadi Duta Kampung Tertib Lalu Lintas

  • www.nusabali.com-banjar-blungbang-jadi-duta-kampung-tertib-lalu-lintas

BANGLI, NusaBali
Banjar Blungbang, Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli menjadi duta kampung tertib lalu lintas.

Program kampung tertib lalu lintas merupakan program dari Korlantas Mabes Polri. Berbagai persiapan dilakukan menyongsong penilaian dari Ditlantas Polda Bali. Kasat Lantas Polres Bangli, AKP I Ketut Sukadana mengatakan, masing-masing kecamatan mengusulkan perwakila. Dari hasil penelian itu, untuk pilot project kampung tertib berlalu lintas dipilih ruas jalan Serma Meranggi di Banjar Blungbang. Terlahirnya kampung tertib lalu lintas tidak terlepas dari dukungan tokoh masyarakat setempat. Masyarakat sangat mengapresiasi wilayahnya dijadikan kampung tertib berlalu lintas. “Kampung tertib lantas merupakan program dari Korlantas Mabes Polr. Pelaksanaannya di seluruh Indonesia,” jelas AKP Ketut Sukadana, Minggu (21/2).

Program kampung tertib lalu lintas bertujuan mengubah perilaku atau mindset pengguna kendaraan bermotor mulai dari perkampungan. “Program ini juga bertujuan mengedukasi warga kampung terkait pentingnya mengutamakan keselamatan saat berkendara di jalan raya,” ungkapnya. Dalam kondisi pandemi Covid-19 juga ditekankan pada penerapan protocol kesehatan. Mewujudkan kampung tertib lalu lintas, Sat Lantas Polres Bangli menggandeng Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum, dan lainnya.

“Pemasangan rambu-rambu berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan," jelas AKP Ketut Sukadana. Penilaian lomba kampung tertib lalu lintas di antaranya ketersediaan rambu- rambu, penerangan jalan, dan keterlibatan warga dalam mewujudkan kampung tertib lalu lintas. Diharapkan dengan terbentuknya kampung tertib lalu lintas dapat menekan angka kecelakaan di Bangli. *esa

Komentar