nusabali

Upacara Makingsan Ring Geni Almarhum I Gede Ardika Dilakukan di Cilincing Jakarta Utara

  • www.nusabali.com-upacara-makingsan-ring-geni-almarhum-i-gede-ardika-dilakukan-di-cilincing-jakarta-utara

SINGARAJA, NusaBali.com Prosesi kremasi atau upacara makingsang ring geni almarhum I Gede Ardika dijadwalkan dilangsungkan di Krematorium Cilincing, Jakarta Utara, pada Senin (22/2/2021).

Sebelumnya sempat muncul spekulasi dilangsungkannya kremasi di Bandung, kota di mana Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI Periode 2000-2004 itu selama ini tinggal dan  dirawat hingga akhir hayatnya atau  kremasi di Buleleng, kampung halamannya.

Rencana kremasi itu diungkapkan oleh sepupu Ardika bernama Gede Suharsana, Sabtu (20/2/2021) sore. Ditemui di Banjar Dinas Bantas, Desa Sudaji, Kecamatan Sawan, Buleleng, Gede Suharsana menyebutkan “Seluruh prosesi upacara kremasi (makingsan ring geni) akan dilakukan pada Senin (22/2/2021) mendatang. Sedangkan prosesi pangabenan akan dilaksanakan di Sudaji Buleleng, namun masih dirembugkan keluarga besar untuk menentukan hari baiknya,” ujar Gede Suharsana.

Ardika sendiri adalah anak sulung dari enam bersaudara, seluruhnya merantau ke luar Buleleng. Dia pun sukses meniti karier hingga peraihan tertingginya sebagai menteri pada era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Megawati Soekarnoputri. 

Meski demikian keluarga mengenal Ardika sebagai sosok yang rendah hati dan sangat sederhana. Banyak memiliki terobosan dan ide brilian terutama dalam pengembangan pariwisata sebagai basic disiplin ilmu yang dikuasai pria yang tutup usia di 76 tahun ini. “Terakhir kali Ardika pulang ke kampung halamannya pada Maret 2020 lalu,” kata Suharsana.  

Di rumah keluarga besar yang berada di Banjar Dinas Bantas, Desa Sudaji, Kecamatan Sawan, sebenarnya hanya dihuni oleh Luh Rety, 85, kakak tertua namun beda ibu almarhum Ardika. Sedangkan keluarga besar lainnya terpencar di beberapa tempat lain, termasuk menyebar di Jakarta, Bandung hingga Lombok.

I Gede Ardika yang dinyatakan meninggal dunia Sabtu (20/2/2021) pukul 07.46 WIB di RS Santo Borromeus Bandung.  Dan keluarga di Buleleng mendengar kabar duka beberapa sesaat kemudian.*k23

Komentar