nusabali

Pemerintah Desa Peringsari Melaspas Pamsimas

  • www.nusabali.com-pemerintah-desa-peringsari-melaspas-pamsimas

AMLAPURA, NusaBali
Pemerintah Desa Peringsari, Kecamatan Selat, Karangasem menggelar upacara melaspas reservoar Pamsimas (Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat) di Banjar Lusuh Kauh, pada Wraspati Kliwon Ukir, Kamis (18/2).

Upacara melaspas kaantebang oleh Jro Mangku Lungsur. Meski sudah dipelaspas, namun air Pamsimas belum bisa dimanfaatkan karena belum ada pemasangan pipa ke rumah-rumah warga.

Program Pamsimas direalisasikan pada tahun 2020 dan diserahkan oleh Dinas PUPR Karangasem, Jumat (15/1). Pamsimas di Desa Peringsari dengan dana APBD Perubahan 2020 sebesar Rp 385,7 juta. Pendampingan dari Desa Peringsari Rp 55,1 juta serta kontribusi masyarakat Rp 22,04 juta dan Rp 88,16 juta. Pekerjaan reservoir dari tanggal 26 Oktober 2020-21 Desember 2020. “Di tahun 2021 ini tinggal melakukan pemasangan pipa untuk bisa mengalirkan air ke rumah-rumah warga,” kata Perbekel Peringsari I Wayan Bawa.

Rencananya pelayanan nanti menyasar Banjar Lusuh Kangin dan Banjar Lusuh Kauh. Pengelolaan air ditangani BUMDes dengan Ketua BUMDes I Wayan Suastika. “Kami belum menentukan nilai jual air per meter kubik,” ungkap Wayan Bawa. Sementara Kelian Banjar Lusuh Kauh Jro Mangku Lungsur mengakui dengan adanya Pamsimas, warga di Banjar Lusuh Kauh akan terlayani air bersih. “Masih menunggu pemasangan pipa, selanjutnya air dialirkan ke rumah-rumah,” katanya. *k16

Komentar