nusabali

XSR Brotherhood Indonesia MC Gelar Munas Sekaligus Wisata di Bali

  • www.nusabali.com-xsr-brotherhood-indonesia-mc-gelar-munas-sekaligus-wisata-di-bali

DENPASAR, NusaBali.com
Komunitas XSR Brotherhood Indonesia (XBI) MC menggelar Musyawarah Nasional (Munas) di Bali. Hasilnya dedengkot biker asal Bali, Djoe Avarell, secara aklamasi dipilih sebagai Ketua Umum masa bakti 2021-2023.

Dalam suasana protokol kesehatan (prokes), Munas yang diselenggarakan di WET Apuan Tabanan pada Kamis (12/2/2021) dihadiri oleh 30 biker dari 9 chapter seluruh Indonesia, termasuk chapter terjauh yakni  Makassar dan Tangerang. “Jumlah chapter sebenarnya ada 57 di seluruh Indonesia. Tapi berhubung suasana pandemi yang hadir memang dibatasi,” kata Djoe yang aktif di komunitas roda dua sejak masa Yamaha Mio, era 2000an. 

Di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro,  chapter-chapter yang tidak bisa hadir, terlihat mengikuti Munas secara virtual untuk memastikan aspirasi bisa diserap dalam pertemuan di Pulau Dewata.

Agenda Munas I pengguna motor Yamaha XSR itu sebenarnya sudah dirancang sejak Agustus 2020, dan berharap pada 2021 pandemi sudah ‘reda’. Sayangnya, penyebaran Covid-19 di Indonesia masih cukup tinggi.“Munas dirancang sejak jauh hari, komunitas XSR sendiri berkembang sangat pesat karena hanya dalam setahun sejak diluncurkannya motor ini sudah mencapai 57 chapter di Indonesia,” ulas Djoe, Senin (15/2/2021).

Dengan adanya kepengurusan, maka diharapkan akan membuat komunitas dan organisasi menjadi lebih rapi dan tertata. Dan diharapkan kepengurusan lengkap di bawah kabinet Djoe sudah terbentuk dalam sebulan ke depan.

Dipilihnya Bali sebagai lokasi Munas, kata Djoe, tak lepas dari awal deklarasi XSR Brotherhood Indonesia Motorcycle Club (XBI MC)  yang dilakukan di Denpasar pada 19 Desember 2019, bertepatan dengan serah terima unit Yamaha All New XSR 155 kepada enam konsumen.

Sejarah berdirinya komunitas XSR yang dilahirkan di Pulau Dewata itu pun ditandai dengan peresmian ‘Tugu 0 KM XSR Brotherhood Indonesia MC’ di Yamaha DDS Bali Jalan Diponegoro Denpasar Barat yang menjadi tempat deklarasi dan penandatanganan lahirnya XBI MC.

Terkait program ke depan, Djoe mengungkapkan masih akan menggodok dengan kepengurusan yang disiapkan. Namun dikatakan bahwa di masa pandemi, kegiatan pertemuan atau kumpul biker akan lebih dilakukan secara virtual.

Sementara itu pada Jumat (13/2/2021) lalu, komunitas yang datang ke Bali ini diajak melakukan aksi bersih-bersih Pantai Kuta. Sehari berikutnya, bertepatan dengan hari Kasih Sayang, Minggu (14/2/2021), komunitas pecinta XSR ini diajak berwisata ke berbagai tempat di antaranya Puja Mandala Nusa Dua, Pantai Pandawa, Garuda Wisnu Kencana, kuliner malam seafood  di Jimbaran, dan berbelanja di Krisna Oleh-Oleh Bali. “Meskipun tidak banyak, hanya 30 orang, kami ingin ikut berkontribusi membangkitkan kembali pariwisata Bali,” tegas owner Ayam Geprek Merdeka Denpasar ini. *

Komentar