nusabali

Lima SD Catat Skor Akreditasi Tertinggi

  • www.nusabali.com-lima-sd-catat-skor-akreditasi-tertinggi

Lima SD yang meraih skor tertinggi, yakni SDN 2 Bhuana Giri (Kecamatan Bebandem), SDN 4 Pempatan (Kecamatan Rendang), SDN 4 Nongan (Kecamatan Rendang), SDN 1 Rendang (Kecamatan Rendang), dan SDN 1 Karangasem.

AMLAPURA, NusaBali
Lima SD di Karangasem membukukan skor akreditasi tertinggi di tahun 2016. Tim Akreditasi Provinsi Bali memberikan nilai lima SD itu klasifikasi A, menyangkut penilaian di delapan standar pendidikan. Hanya saja belum ada SD yang meraih nilai sempurna, kisaran nilainya 93,05 hingga 95,16.

Hasil akreditasi tertanggal 25 Oktober 2016, ditandatangani Ketua Badan Akreditasi Provinsi Bali Prof Dr Wayan Maba. Lima SD yang meraih skor tertinggi, yakni SD Negeri 2 Bhuana Giri (Kecamatan Bebandem) skor 93,05, SD Negeri 4 Pempatan (Kecamatan Rendang) skor 93,42, SD Negeri 4 Nongan (Kecamatan Rendang) skor 94,46, SD Negeri 1 Rendang (Kecamatan Rendang) skor 94,63, dan SD Negeri 1 Karangasem skor 95,16.

“Rata-rata hasil akreditasi tahun 2016 meningkat. Sebelumnya klasifikasi A, kali ini kembali meraih klasifikasi A tetapi dengan skor lebih baik,” Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan Disdikpora Karangasem I Nengah Wara, di Amlapura, Selasa (22/11).

Dijelaskannya, akreditasi tahun 2016 menyasar 137 SD. Setidaknya secara kualitas ada peningkatan dalam hal merealisasikan delapan standar pendidikan, yaitu standar kompetensi kelulusan, standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan pendidikan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.

Nengah Wara mengatakan dari 147 SD yang diusulkan ke pusat agar diakreditasi tahun 2016, ternyata yang direkomendasi pusat 137 SD. Padahal 147 SD telah waktunya diakreditasi, setelah terakhir diakreditasi tahun 2011. Sebab, akreditasi sekolah sesuai ketentuan dilakukan setiap lima tahun sekali.

Kepala SDN 4 Nongan I Nyoman Karwita membenarkan, hasil akreditasi di sekolahnya masuk lima besar terbaik di Karangasem.

Kepala SDN 4 Pempatan I Putu Ardana mengaku puas atas hasil akreditasi, dengan skor 93,42. Sekolahnya memiliki 7 guru, dengan jumlah anak didik saat ini sebanyak 255 siswa. Untuk kelas I, kelas II, dan kelas III masing-masing dua kelas, sedangkan untuk kelas V walau siswanya 47 orang dijadikan satu kelas. “Tiap tahun di sini muridnya membeludak. Para murid itu berasal dari empat banjar, yakni Banjar Keladian, Pemuteran, Pura Gae, dan Pule,” jelas Putu Ardana. * k16

Komentar