nusabali

Eropa dan AS 'Buru' Vanili Bali

  • www.nusabali.com-eropa-dan-as-buru-vanili-bali

Berkualitas super, ekspor tahun 2020 bisa mencapai 30 ton

DENPASAR,NusaBali
Prospek eskpor vanili Bali benar- benar terbuka lebar. Hal tersebut menyusul permintaan pasar Eropa dan Amerika Serikat (AS) maupun pasar ekspor lainnya, terhadap vanili Bali. Kualitas komoditas ,  menjadi alasan utama mengapa vanili Bali menjadi buruan.

Kepala Balai Karantina Pertanian Denpasar I Putu Terunanegara menyatakan tahun 2020 lalu, ekspor vanili Bali ke Eropa dan Amerika Serikat, mencapai 30 ton.

“Karantina akan terus membantu mencarikan pasar-pasar baru sehingga petani tetap semangat berproduksi dan tahu kemana pemasarasannya,” ujarnya Rabu (10/2).

Dijelaskan  Terunanegara, pasar Eropa saat ini memang membutuhkan vanili Bali. Menurutnya, pasar Eropa memilih vanili Bali karena sudah merasakan kualitas vanili Bali yang masuk kategori super. Karenanya lanjut Terunanegara, mutu produk yang sudah dirasakan pasar tersebut mesti dipertahankan.

”Malah harus semakin ditingkatkan,” ujarnya. Salah satu tempat budidaya vanili di Bali adalah di Kabupaten  Jembrana. Sentranya di Kelurahan Yeh Embang Kauh, pada lahan seluas 100 hektare dengan 110 orang petani.

Ke depan pemerintah mentargetkan 1 orang petani menanam 1000 vanili. Dengan program tersebut produksi vanili bisa mengimbangi kebutuhan pasar.

“Program satu petani seribu pohon sejalan dengan Program Gratieks (Gerakan Tiga Kali Ekspor) yaitu sama-sama arahnya ke peningkatan ekspor,” kata Terunanegara.

Sehubungan hal tersebut, kerjasama antara petani dengan Balai Karantina sangat penting. Made Yudiana, Ketua Kelompok Tani Yeh Embang Kauh, mengatakan dia dan petani lainnya hanya memetik vanili yang sudah matang dan  secara selektif.

“Kami panen dengan system selektif poling, bukan ruut atau tandan. Yang mana matang itu yang kami petik,” jelasnya.

Panen dengan system polong atau selektif, memang lebih lama waktunya. Namun itulah salah satu cara untuk memperoleh vanili dengan kualitas super. Dan itu terbukti, produksi vanili petani  Jembrana(Bali) dicari pasar manca negara dengan harga yang lumayan. *K17

Komentar