nusabali

Disdik Klungkung Anggarkan Rp 9,4 M

Revitalisasi Sarana dan Prasarana Sekolah

  • www.nusabali.com-disdik-klungkung-anggarkan-rp-94-m

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Pendidikan (Disdik) Klungkung menganggarkan Rp 9,4 miliar untuk revitalisasi sarana dan prasarana sekolah tahun 2021.

Di antaranya, pembanguan ruang belajar, rahabilitasi ruangan sekolah, pembangunan tembok panyengker dan lainnya.

Anggaran Rp 9,4 miliar untuk revitalisasi prasarana SMP Rp 1,8 miliar, dan sarana dan prasarana kebutuhan SD Rp 7,6 miliar. Diantara 9 SMP,  anggaran ini untuk SMPN 1 Dawan rehabilitasi laboratorium IPA, SMPN 3 Nusa Penida pembangunan UKS, SMPN 3 Semarapura rehabilitasi ruangan kelas, dan lainnya. Untuk SD, menyasar 9 SD di Nusa Penida, 10 SD di Kecamatan Klungkung, 11 SD di Kecamatan Banjarangkan, dan 5 SD di Kecamatan Dawan. "Revitalisasi sekolah ini guna mewujudkan peningkatan pelayanan pendidikan," ujar Kepala Dinas Pendidikan Klungkung Ketut Sujana, Rabu (10/2).

Kini, Disdik melalui Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar berkunjung ke SMPN 1 Dawan. "Karena Laboratorium IPA SMPN 1 Dawan mengalami kerusakan berat," ujar Sujana. Kerusakan utama pada rangka atap gedung, kerusakan plafon dan beberapa kusen. Selain itu dari pihak sekolah juga menyampaikan permohonan perbaikan dinding penahan tanah (DPT), serta tembok panyengker sebelah utara sekolah dengan panjang sekitar 25 meter. "Untuk mengantisipasi kerusakan ruang kelas yang berhimpitan dengan batas sekolah tersebut," katanya.

Kegiatan verifikasi juga dilakukan ke lima SD di Kecamatan Dawan. Tujuannya, guna mendapatkan data yang akurat terkait pembangunan dan rehabilitasi gedung sekolah. Sekolah yang dituju antara lain SDN Sulang, SDN Sampalan Tengah, SDN 3 Pikat, SDN 2 Pesinggahan dan SDN 1 Kusamba. Revitalisasi yang dilaksanakan di sekolah dasar Kecamatan Dawan diantaranya pembangunan gedung UKS, pembangunan gedung perpustakaan, pembangunan ruang guru dan pembangunan jamban/toilet. *wan

Komentar