nusabali

RSUP Sanglah Mulai Vaksinasi Nakes Usia 60 Tahun ke Atas

  • www.nusabali.com-rsup-sanglah-mulai-vaksinasi-nakes-usia-60-tahun-ke-atas

DENPASAR, NusaBali
Setelah merampungkan vaksinasi pada tenaga kesehatan (Nakes) usia 18-59 tahun, peserta didik, relawan dan tenaga outsourcing, RSUP Sanglah mulai melakukan vaksinasi pada nakes yang berusia 60 tahun ke atas mulai, Senin (8/2).

Tercatat, ada sebanyak 57 orang nakes di RSUP Sanglah yang berusia di atas 60 tahun. Sementara itu, di hari kedua vaksinasi dilaksanakan, Selasa (9/1) terdapat 25 nakes berusia 60 tahun ke atas yang divaksinasi. Adapun, penerima vaksin merupakan profesor, guru besar, dan dokter senior RSUP Sanglah.

Dijelaskan oleh Kasubbag Humas RSUP Sanglah, Dewa Ketut Kresna, pemberian vaksin untuk nakes berusia 60 tahun ke atas sama seperti pemberian vaksin sebelumnya. Hanya saja, pemberian vaksin dosis kedua pada nakes dengan usia di bawah 60 tahun dilaksanakan dengan rentang waktu selama 14 hari.

“Sama dengan nakes di bawah 60 tahun, yang membedakan untuk vaksin kedua nakes di atas 60 tahun, yaitu dosis kedua rentang waktunya di hari ke-28,” ujar Dewa Ketut Kresna pada NusaBali, Selasa kemarin. Selama dua hari dilaksanakan, belum ada nakes penerima vaksin yang mengalami gejala atau efek samping setelah melakukan vaksinasi. Namun, per Selasa (9/2), terdapat dua orang tenaga kesehatan yang tidak lolos screening awal sebelum melakukan vaksinasi. “Hari ini (kemarin) ada dua yang tidak memenuhi syarat, karena tensi,” lanjutnya.

Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga kesehatan dengan usia di bawah 60 tahun juga terus berlanjut yang telah memasuki tahap kedua vaksinasi. Ditargetkan, pelaksanaan vaksinasi tahap kedua untuk nakes di bawah 60 tahun akan selesai pada 20 Februari 2021 nanti.

“Bila semua ini telah terlaksana maka seluruh SDM yang bekerja di RSUP Sanglah akan mendapatkan vaksin. Semoga ini bisa mempercepat penanggulangan penularan Covid-19 di masyarakat,” kata Dewa Ketut Kresna. *cr74

Komentar