nusabali

Tergerus Longsor, Lantai Rumah Warga Ringdikit Jebol

  • www.nusabali.com-tergerus-longsor-lantai-rumah-warga-ringdikit-jebol

SINGARAJA, NusaBali
Hujan deras kembali mengakibatkan musibah tanah longsor. Rumah milik Kadek Agus Weda Putra, 29, warga Banjar Dinas Kajanan, Desa Ringdikit, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, rusak parah setelah tergerus longsor, Sabtu (6/2) malam sekitar pukul 23.00 Wita.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Bencana yang menimpa rumah Agus Weda yang baru selesai dibangun tersebut terjadi sesaat setelah hujan deras mengguyur kawasan Ringdikit dan sekitarnya. Pondasi bangunan dan tembok senderan rumah yang lokasinya berada di pinggir jurang ini tiba-tiba ambruk dan membuat jebol di bagian lantai kamar.

Perbekel Ringdikit I Made Sumadi, menyampaikan beruntung saat kejadian tersebut Agus Weda dan tiga orang anggota keluarga sedang berada di rumah orangtuanya, sehingga selamat dari musibah. Rumah yang baru selesai dibangun tersebut memang belum dihuni dan dalam kondisi kosong. “Jadi rumah itu memang kosong karena belum dihuni,” ujar Made Sumadi, saat dikonfirmasi, Senin (8/2).

Made Sumadi mengatakan, musibah longsor yang menggerus lantai rumah berukuran 8 meter x 8 meter ini telah dilaporkannya ke BPBD Buleleng dan Dinas Sosial untuk mendapatkan bantuan. “Masyarakat setempat sudah bergotong royong membersihkan material longsor. Untuk sementara bangunan rumah diberi pondasi kayu,” kata Made Sumadi.

Selain pondasi dan lantai rumah tergerus longsor, tembok rumah Agus Weda juga retak. Atas musibah ini, Agus Weda diperkirakan mengalami kerugian mencapai Rp 100 juta.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Buleleng Ida Bagus Suadnyana, mengatakan pihaknya menerima laporan longsor di Desa Ringdikit pada Minggu (7/2) pagi. Usai menerima laporan tersebut pihaknya menerjunkan personel TRC BPBD untuk melakukan asesmen. “Saya baru dapat laporan tadi (kemarin). Tim sudah ke lokasi untuk asesmen,” ucap Suadnyana saat dikonfirmasi terpisah. *m

Komentar