nusabali

BPBD, Dinas Sosial, dan PMI Bantu Korban Bencana

  • www.nusabali.com-bpbd-dinas-sosial-dan-pmi-bantu-korban-bencana

AMLAPURA, NusaBali
BPBD bersama Dinas Sosial, dan PMI Karangasem membantu dua korban bencana alam di Banjar Gulinten, Desa Bunutan, Kecamatan Abang dan di Banjar Balung, Desa Seraya, Kecamatan Karangasem, Senin (8/2).

Penerima bantuan yakni I Wayan Mudeta Ngara yang rumahnya terbakar dan I Ketut Nari yang senderan rumahnya jebol. Bantuan diserahkan oleh Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Karangasem Ni Wayan Asmi Sukmawati.

Wayan Mudeta Ngara menerima bantuan karena rumah sekaligus dapur miliknya terbakar, Minggu (7/2) sekitar pukul 12.53 Wita. Saat kejadian, korban bersama keluarga meninggalkan rumah dan pergi ke rumah mertua. Saat meninggalkan rumah, istri korban lupa mematikan kompos gas hingga menyebabkan kebakaran. Seisi rumah termasuk 2 ijazah dan 5 kartu KIS hangus. Bantuan yang diterima sebanyak tiga paket masing-masing dari BPBD berupa selembar terpal, satu dus air mineral, 10 kilogram beras, selembar matras, satu dus ikan dalam kemasan kaleng, selembar selimut, paket sandang, dan alat-alat kebersihan rumah.

Bantuan dari Dinas Sosial yakni paket sandang dan pangan, selembar selimut, peralatan dapur, selembar matras, satu dus mie instan, satu dus ikan dalam kemasan kaleng, minyak goreng 1 liter, dan makanan anak-anak. Bantuan dari PMI yakni paket PHBS (perlengkapan perilaku hidup bersih dan sehat), family kit, mie instan, dan beras 10 kilogram. Akibat rumahnya ludes terbakar, korban bersama keluarganya sementara menginap di rumah kerabat. “Bantuan ini dari BPBD bersinergi dengan Dinas Sosial dan PMI untuk meringankan beban sosial korban. Paling tidak untuk kebutuhan pangan terpenuhi,” kata Asmi Sukmawati.

Bantuan yang sama juga diberikan kepada I Ketut Nari di Banjar Kecang Balung, Desa Seraya, Kecamatan Karangasem. Kadis Sosial Karangasem, I Gede Basma mengatakan, bantuan disalurkan setelah dapat rekomendasi dari BPBD mengenai warga yang mesti dapat bantuan akibat bencana alam. “Selama ada rekomendasi dari BPBD, bantuan dari Dinas Sosial kami salurkan,” jelas Gede Basma.*k16

Komentar