nusabali

Longsor Suraberata-Pupuan Tutup Badan Jalan

  • www.nusabali.com-longsor-suraberata-pupuan-tutup-badan-jalan

TABANAN, NusaBali
Hujan deras disertai angin kencang melanda beberapa titik Kabupaten Tabanan, Minggu (7/2).

Salah satu dampaknya, terjadi tebing longsor hingga menutup badan jalan di jalur Suraberata – Pupuan, tepatnya Banjar Delod Ceking, Desa Lumbung Kauh, Kecamatan Selemadeg Barat.

Kapolsek Selemadeg Barat AKP I Gusti Lanang Jelantik mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pascahujan deras disertai angin kencang di wilayah Kecamatan Selemadeg Barat, Minggu (7/2) malam, sekitar pukul 23.00 Wita.

"Pasca kejadian tersebut, kami sudah koordinasikan dengan beberapa instansi terkait. Antara lain, dengan Camat Selemadeg Barat, Dinas PU, PLN dan BPBD (Badan  Penanggulangan Bencana Daerah) Tabanan, untuk ditangani," ujarnya Senin (8/2.

Dia melanjutkan, bencana tersebut mengakibatkan sebagian badan jalan Suraberata - Pupuan tertutupi batang pohon yang tumbang akibat longsor dan timbunan tanah. Selain itu, tanah longsor tersebut mengakibatkan tiang listrik PLN roboh dan patah, serta kabel wifi yang menempel pada tiang tersebut putus.

Setelah dikoordinasikan, lanjut Kapolsek Lanang, dilakukan perbaikan oleh PLN Suraberta. Petugas PLN  mengganti tiang listrik yang roboh menggunakan tiang besi. Pembersihan tanah bekas longsoran oleh Dinas PUPRPKP (Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman) Tabanan.

Selain itu, berjarak 50 meter sebelah selatan dari lokasi tanah longsor, terdapat senderan jalan yang hampir jebol. Kondisi ini ditandai pergeseran beton senderan hampir 25 cm. Pergeseran disebabkan oleh air hujan yang sangat deras dan saluran drainase tidak berfungsi dengan baik.

Sampai saat ini, kata dia, arus lalulintas seputaran tempat kejadian berjalan dengan normal. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. ‘’Kejadian tadi malam itu langsung ditangani, sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas," tandasnya. *des

Komentar