nusabali

Pohon Tumbang Hantui Gianyar

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-hantui-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Bencana pohon sejumlah tumbang masih menghantui Kabupaten Gianyar.

Seperti terjadi pada Rabu (3/2) sekitar pukul 18.59 Wita, pohon Jabon tumbang menimpa rumah milik I Ketut Supa,55, di Banjar Petak, Desa Petak Kaja, Kecamatan Gianyar. Tidak ada korban. Naamun sejumlah barang di rumah Ketut Supa, rusak.

Pohon setinggi 15 meter dengan diameter 30 cm milik tetangga Supa itu menimpa pagar rumah, genteng rumah, dan Palinggih Penunggun Karang. Akibat kejadian itu, pemilik rumah mengalami kerugian sekitar Rp 10 juta.

Kejadian itu langsung mendapat perhatian dari petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar dan Perbekel Petak Kaja. Kasi Kedaruratan BPBD Gianyar IGN Dibya Presasta, seizin Kepala Pelaksana BPBD Gianyar, langsung menerjunkan anggota dan peralatan ke lokasi kejadian. "Pukul 20.45 Wita, pohon tumbang sudah dapat ditangani," jelasnya.

Di lokasi berbeda, hampir bersamaan sekitar pukul 19.30 Wita, pohon tumbang menghadang Jalan Desa Buahan, Kecamatan Payangan. Pohon sepanjang 5 meter dengan diameter 30 cm itu juga menimpa kabel listrik. Di tengah situasi hujan lebat, anggota BPBD Gianyar penangani pohon itu hingga akses jalan raya bisa dilalui kendaraan.

Kasus pohon tumbang juga terjadi di Banjar Susut, Desa Buahan, Kecamatan Payangan. Kayu cempaka berdiameter 35 cm melintang jalan dan menimpa kabel listrik. Pohon tersebut menutup akses jalan ke Pura Tangluk dan menuju tegalan warga.

Pohon juga menimpa jaringan PLN, namun tidak menyebabkan gangguan listrik di banjar itu. Kelian Banjar Susut I Wayan Sudiantara, Kamis (4/2) mengatakan, saat ini warga tengah gotong-royong menormalkan akses karena tertutup pohon tumbang. "Masih proses pembersihan, kami lakukan secara gotong royong," ujarnya. Kata dia, pohon tersebut tumbang pada Rabu malam, diduga karena terus-terusan diguyur hujan. Beruntung, saat kejadian tidak ada warga yang melintas sehingga korban bisa dihindarkan.

Sementara itu, hujan angin juga mengakibatkan tanah longsor di Banjar Lebah, Desa Bukian, Kecamatan Payangan. Petugas BPBD menangani material longsoran secara bertahap, Rabu malam dan Kamis (4/2) pagi. *nvi

Komentar