nusabali

5.328 Krama Denpasar Terima BLT DD Tahun Ini

  • www.nusabali.com-5328-krama-denpasar-terima-blt-dd-tahun-ini

Jika di pertengahan tahun 2021 warga penerima BLT sudah aktif bekerja dan berpenghasilan, maka akan dilaksanakan evaluasi dan pergantian penerima.

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 5.328 warga Denpasar terdaftar sebagai penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahun 2021 di 27 desa di Kota Denpasar. Dana yang bersumber dari Anggaran Perubahan dan Belanja Nasional (APBN) ini memasuki tahap penetapan penerima bantuan melalui Musdes Khusus.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, Rabu (3/2) menjelaskan BLT DD merupakan program pemerintah pusat melalui Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal. Dengan adanya bantuan BLT DD ini diharapkan mampu mendukung pemulihan ekonomi di masyarakat.

"Jadi sebelumnya sudah dilaksanakan di tahun 2020, dan untuk tahun anggaran 2021 kembali dilanjutkan oleh pemerintah pusat, khusus untuk Kota Denpasar seluruh desa sudah melaksanakan Musdes penetapan penerima BLT DD, sehingga dapat dilanjutkan ke tahap validasi data," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa untuk tahun 2021 pemberian BLT DD didahului dengan pendataan dengan melaksanakan survei lapangan. Hal ini sesuai dengan amanat SE Mendes PDT Nomor 17 Tahun 2020 dan Menteri PMK Nomor 222 Tahun 2020. Sehingga data yang diperoleh merupakan data terbaru yang sesuai dengan standar yang ditetapkan Kementerian Desa dan PDT.

"Jadi yang sudah dapat BLT DD di Tahun 2020 bisa lagi diberikan, nantinya tim survei melaksanakan pengecekan lapangan terkait kondisi masyarakat, jika sudah bekerja kembali dan dipandang sudah mampu akan diberikan kepada masyarakat lainnya yang lebih membutuhkan. Hal ini juga tetap memperhatikan kuota yang tersedia di masing-masing desa," jelas IB Alit.

Adapun bantuan ini nantinya diberikan berupa uang tunai sebesar Rp 300.000 per bulan selama 12 bulan.

Namun demikian jika selama pertengahan tahun 2021 yang bersangkutan sudah aktif bekerja dan berpenghasilan maka akan dilaksanakan evaluasi dan pergantian penerima. "Nanti penerima BLT DD akan dilaksanakan pengawasan, untuk selanjutnya dilaksanakan evaluasi, sehingga pemberian bantuan ini tepat sasaran untuk mendukung keberlangsungan masyarakat di masa pandemi saat ini. Kami juga mengajak masyarakat untuk senantiasa mendukung percepatan penanganan Covid-19, sehingga dengan demikian situasi dapat kembali dan ekonomi berangsur pulih," imbuhnya. *mis

Komentar