nusabali

Nelayan Pemuteran Belum Ditemukan

Penyisiran Hari Keenam, Solidaritas Divers Bantu Pencarian

  • www.nusabali.com-nelayan-pemuteran-belum-ditemukan

SINGARAJA, NusaBali
Upaya pencarian nelayan asal Banjar Dinas Loka Segara, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, bernama I Kadek Astawan, 30, yang menghilang saat mencari ikan dengan spearfishing, terus dilakukan.

Namun keberadaan korban belum berhasil ditemukan hingga hari keenam pencarian pada Minggu (31/1).

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Basarnas Buleleng Dudi Librana Marjaya mengatakan, penyisiran di laut untuk mencari korban terus dilakukan dengan perahu karet (boat). "Hari ini kami masih melakukan pencarian korban dengan penyisiran di laut namun keberadaan korban masih nihil," ujarnya saat dikonfirmasi Minggu (31/1).

Areal pencarian korban Kadek Astawan terus diperluas hingga 34 Nautical mile (Nm) ke arah barat dan timur dari lokasi korban dilaporkan menghilang. "Penyisiran tidak hanya di dekat lokasi korban menghilang, namun ke barat hingga perairan Pulau Menjangan dan ke timur sampai perairan Desa Pengulon, Kecamatan Gerokgak," ujarnya.

Kata Dudi, penyisiran juga dilakukan pada daerah pinggiran bibir pantai. Petugas juga telah berkoordinasi dengan nelayan-nelayan yang berada di daerah pesisir di Kecamatan Gerokgak. "Belum ada kami temukan orang atau korban yang mengambang di tengah laut atau tergelak dipinggir pantai," tutup Dudi.

Sementara itu, selain Tim SAR, rekan korban sesama penyelam yang tergabung dalam solidaritas divers ikut membantu melakukan pencarian. Mereka menyisir wilayah perairan Bali barat hingga kawasan pantai. Namun hingga lima hari pasca dinyatakan hilang, belum ada tanda-tanda keberadaan korban.

Kordinator tim pencari dari divers, Komang Suastika mengaku sudah menyisir seluruh kawasan yang diperkirakan menjadi tempat terdamparnya korban menggunakan perahu jukung. "Kawasan yang sudah kami sisir di pesisir Taman Nasional Bali Barat dan di dekat lokasi kejadian," kata dia saat dikonfirmasi terpisah.

Suastika mengatakan, dirinya bersama rekan sesama penyelam merasa terpanggil untuk ikut mencari keberadaan korban dalam kondisi apapun. "Kami bergabung secara sukarela membantu mencari keberadaan korban Astawan sebagai rekan seprofesi. Harapan kami, korban bisa ditemukan dalam keadaan apapun" tutupnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, seorang nelayan asal Banjar Dinas Loka Segara, Desa Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, I Kadek Astawan, 30, dilaporkan hilang saat mencari ikan dengan spearfishing atau menembak di perairan setempat, Selasa (26/1) siang lalu.

Informasi di lapangan, korban Kadek Astawan berangkat mencari ikan dengan naik perahu dari Pelabuhan Pemuteran dengan jarak tempuh sekitar 1 jam, Selasa pagi pukul 07.00 Wita. Korban berangkat bersama 5 temannya dalam satu perahu. Mereka kemudian melakukan spearfishing di sekitar Rumpon Tiga Roda perairan Desa Pemuteran.

Entah apa yang terjadi, saat rombongan nelayan sekampung tersebut hendak pulang siang sekitar pukul 13.00 Wita, korban Kadek Astawan tidak muncul ke permukaan. Kelima rekannya pun berinisiatif mencari korban di sekitar lokasi. Namun, hingga sore pukul 15.00 Wita, korban belum juga ditemukan. *m

Komentar