nusabali

Jalan di Banjar Sidawa Jebol, Truk Tak Bisa Melintas

  • www.nusabali.com-jalan-di-banjar-sidawa-jebol-truk-tak-bisa-melintas

BANGLI, NusaBali
Jalan di Banjar Sidawa, Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli, jebol, Sabtu (30/1). Jebol diperkirakan sepanjang 20 meter dengan ketinggian 10 meter.

Dampaknya, hanya sebagian badan jalan yang bisa dilalui kendaraan. Sepeda motor dan mobil masih bisa melintas, truk tidak bisa. Jalan jebol diakibatkan dinding penahan tanah dan gorong-gorong terkikis air akibat tersumbat sampah.  

Warga setempat mengungkapkan, jalan jebol tepat di jalan yang membelah sungai mati (pangkung) Bunter. Gorong-gorong di bawah jalan tersumbat sampah mengakibatkan air mengikis bahu jalan. Menurut warga, dinding jalan terkikis sejak lama. “Jalan tergerus sejak lama, kemarin hampir setengah badan jalan jebol,” ungkap warga yang namanya tak mau dikorankan ini, Minggu (31/1).

Panjang jalan yang longsor sekitar 20 meter dengan ketinggian 10 meter. Jalan masih bisa dilewati sepeda motor dan kendaraan roda empat, kecuali truk. Namun kendaraan harus melintas secara bergantian. “Akses jalan ini menghubungkan Banjar Sidawa dengan Tamanbali. Jika jalan ini sampai putus, warga harus lewat jalan melingkar dengan jarak tempuh lebih jauh,” ujarnya. Sebagai penanda bagi pengguna jalan, polisi telah memasang police line dan drum. Pengguna jalan diharapkan lebih berhati-hati.

Kadis Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) Bangli, I Wayan Swastika, saat dikonfirmasi mengaku belum menerima laporan kerusakan jalan di Banjar Sidawa. Dia akan menugaskan pegawainya melakukan pengecekan, Senin (1/2) hari ini. “Kami akan turun bersama petugas Bina Marga. Cek kerusakan sebelum penanganan,” ungkap Wayan Swastika. *esa

Komentar