nusabali

Subak Kawan Panen Perdana Padi M70D

  • www.nusabali.com-subak-kawan-panen-perdana-padi-m70d

SEMARAPURA, NusaBali
Petani di Subak Kawan, Desa Selisihan, Kecamatan Klungkung, Klungkung, panen perdana padi varietas M70D (Moeldoko 70 Day), Senin (25/1) pagi.

Panen dihadiri Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, didampingi Kepala Dinas Pertanian Klungkung Ida Bagus Juanida.

Hadir pula, unsur Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Provinsi Bali, HKTI Kabupaten Klungkung dan para petani Subak Kawan. Ketua DPD HKTI Bali Provinsi Bali  Putu Arya Sedhana menyampaikan jenis padi yang dipanen merupakan padi varietas M70D atau Moeldoko 70 Day. Padi varietas ini diperkenalkan pertama kali oleh Ketua DPP HKTI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. "Padi varietas M70D bisa menghasilkan 8,8 ton dari satu hektare sawah," kata Arya Sedhana.

Arya Sedhana mengharapkan Pemkab Klungkung dapat membantu mengembangkan padi varietas M70D pada lahan pertanian di Kabupaten Klungkung. "Pada pandemi Covid-19 ini, masyarakat dapat terbantu dengan adanya padi varietas M70D, karena dengan hasil pertanian yang cepat dapat membantu dalam ketahanan pangan," ujar Arya Sedhana.

Arya Sedhana menyatakan dengan lahan seluas 500 are, diperoleh hasil gabah kurang lebih 8 ton. Padi varietas ini sudah ditanam di beberapa kabupaten di Provinsi Bali. Diantaranya, Buleleng, Tabanan, dan Denpasar.

Salah seorang petani Wayan Pageh menyatakan memilih menanam padi varietas M70D karena tahan terhadap penyakit blast, hama wereng, dan lainnya. Penggunaan pupuk juga tidak terlalu banyak. "Untuk sementara ini, saya belum menemukan kesulitan dalam menanam padi varietas ini," ujar Wayan Pageh.

Wabup Kasta mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi HKTI dalam pengembangan bibit padi varietas M70D. "Mudah-mudahan dengan keunggulan yang dimiliki padi varietas M70D, petani di Desa Selisihan bisa menikmati hasil dari padi Varietas tersebut," ujarnya. Wabup Kasta mengharapkan agar petani Klungkung dapat mendukung penggunaan padi varietas M70D pada lahan pertanian, dan melalui padi varietas M70D dapat membantu menjaga ketahanan pangan di Indonesia.*wan

Komentar