nusabali

4.200 Vaksin Covid-19 Tiba di Klungkung

  • www.nusabali.com-4200-vaksin-covid-19-tiba-di-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali
Dinas Kesehatan (Diskes) Klungkung menerima 4.200 dosis vaksin Covid-19 dari Pemprov Bali, Senin (25/1) pagi.

Vaksin ini langsung disimpan di UPT Instalasi Farmasi, di Desa/Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, dengan pengawalan ketat kepolisian. Polres Klungkung melaksanakan pengamanan dan pengawalan vaksin Covid-19 untuk wilayah Kabupaten Klungkung l. Vaksin di jemput dari Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Bali, di Jalan Melati No 20, Kelurahan Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar. Kemudian, vaksin menuju UPT Instalasi Farmasi di Desa Banjarangkan.

4.200 vaksin Covid-19 dalam tiga karton tersebut dijemput oleh Kepala Dinas Kesehatan Klungkung dr Ni Made Adi Swapatni. Dengan dikawal personel Polres Klungkung yang dipimpin Kapolres Klungkung AKBP Bima Aria Viyasa dan Wakapolres Klungkung Kompol Sindar Sinaga.

Selain pengawalan secara langsung, pengamanan jalur pun dilakukan dengan menempatkan setiap personel Satuan Lalu Lintas Polres Klungkung, di persimpangan yang dilewati oleh mobil pengangkut vaksin bersama dengan mobil pengawalan. Selanjutnya, vaksin langsung dimasukkan ke ruangan dingin dengan rentang suhu 2 - 8 derajat celcius.

Vaksinasi dengan vaksin tersebut perdana akan dilakukan pada Rabu (27/1) besok. Vaksinasi pertama kali menyasar pejabat di Kabupaten Klungkun, mulai dari Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Sekda Klungkung I Gede Putu Winatra, Kapolres AKBP Bims Viyasa,

Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, kepala dinas dan lainnya. Sedangkan Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta belum memenuhi syarat karena ada penyakit penyerta.

Kepala Dinas Kesehatan Klungkung Ni Made Adi Swapatni mengatakan, untuk keamanan vaksin ini dijaga oleh petugas TNI, Polri dan Satpol PP. Setelah menerima vaksin, Swapatni mengaku langsung berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk segera memvaksinasi. Setelah seremonial, vaksinasi dilakukan secara bertahap kepada para tenaga medis yang menjadi prioritas. "Jumlah tenaga medis (nakes) yang akan divaksin pada tahap pertama ini sekitar 2.100 orang," kata Swapatni. Pelaksanaan vaksinasi tahap pertama untuk nakes ini ditarget rampung pada Februari 2021.

Sementara itu, distribusi vaksin Covid-19 akan dilakukan pada Minggu (31/1) mendatang ke Kecamatan Nusa Penida, dengan menggunakan fast boat dan dikawal ketat petugas kepolisian.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, sudah siap menerima vaksin tersebut. "Ini untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat," tegas Bupati Suwirta.

Kapolres Klungkung AKBP Bima Aria Viyasa mengatakan, personel gabungan Polres dan Satpol PP sudah stand by guna mensterilkan sekitar lokasi penyimpanan vaksin. "Proses kedatangan dan penyimpanan berjalan aman dan lancar tanpa ada hambatan apapun," ujarnya. *wan

Komentar