nusabali

Pandemi, Uang SHU Koperasi Jadi Sembako

  • www.nusabali.com-pandemi-uang-shu-koperasi-jadi-sembako

GIANYAR, NusaBali
Koperasi Serba Usaha Tri Gunartha Werdhi, Banjar Ubud Kelod, Kelurahan/Kecamatan Ubud, Gianyar, membagikan Sisa Hasil Usaha (SHU) berupa paket sembako.

Pembagian dilakukan di Wantilan Pura Desa Ubud usai Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-14, Minggu (17/1).  Kelian Adat Banjar Ubud Kelod I Ketut Sutama, didampingi Ketua Koperasi I Made Purna Wirawan SE Ak menjelaskan, pembagian sembako ini sudah menjadi kesepakatan anggota. Mengingat, pandemi Covid-19 masih berdampak terhadap perekonomian. "Jumlah paket sembako yang kami siapkan sebanyak jumlah anggota, 325 KK. Per paket kira-kira senilai Rp 200.400," jelas Ketut Sutama. Paket sembako berisi 15 kg beras, 1 liter minyak goreng, dan 1 krat telur ayam.

Dana sembako tak sepenuhnya diambil dari SHU. Ada kolaborasi dari dana pembangunan banjar, dana pembangunan desa, dan dana sosial. "Karena dampak pandemi, SHU kali ini turun dari yang kami targetkan. Kalau dibagikan ke anggota dalam bentuk nominal sangat kecil, maka kami kolaborasikan dengan dana yang ada untuk mengadakan sembako ini," imbuh Ketua Koperasi I Made Purna Wirawan. Selama pandemi pula, pembagian sembako ini sudah masuk tahap ke-4 untuk anggota koperasi.

Agar tidak berkerumun, pembagian dilakukan secara bergilir. Setelah anggota menandatangani daftar hadir, mereka langsung mengambil bagian. Setelah itu kembali pulang. Saat di pintu masuk, warga juga mencuci tangan terlebih dahulu dan dicek suhu tubuh serta wajib memakai masker.

Guna meringankan anggota yang kesulitan membayar kredit, koperasi ini memberikan relaksasi berupa perpanjangan masa kredit. "Secara umum, SHU kami turun. Kemampuan anggota membayar kredit juga turun. Meski begitu, kami tetap berupaya menambah modal," imbuhnya. Kedepan, koperasi ini juga akan mentransformasikan pelayanan berbasis digital. "Kami ganti sistem lama yang manual ke digital. Di masa pandemi ini pula menjadi kesempatan membenahi administrasi," ujarnya.

Untuk diketahui, pembagian sembako ini merupakan tahap ke-4. Sebelumnya, KSU Tri Gunartha Werdhi Banjar Ubud Kelod, Kelurahan/Kecamatan Ubud membagikan sembako untuk anggota, Oktober 2020. Made Purna Wirawan menjelaskan, semenjak awal pandemi sudah rembug dan membuat perencanaan kegiatan pembagian sembako. Sebab, sebagian besar anggota koperasi terdampak pandemi, karena mengandalkan pendapatan dari sektor pariwisata. *nvi

Komentar