nusabali

KMHDI Galang Bantuan untuk Korban Banjir dan Gempa

  • www.nusabali.com-kmhdi-galang-bantuan-untuk-korban-banjir-dan-gempa

JAKARTA, NusaBali
Bencana alam yang terjadi di sejumlah daerah di Indonesia membuat Pengurus Pusat Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (PP KMHDI) melakukan penggalangan bantuan lewat KMHDI Peduli.

Mereka menggalang bantuan sekaligus untuk dua provinsi, yaitu untuk korban banjir di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan gempa di Sulawesi Barat (Sulbar).

“Kami baru membuka donasi satu hari ini. Hasilnya cukup bagus karena sudah ada yang menyalurkan donasinya kepada kami. Saat ini baru terkonfirmasi Rp 1 juta. Jumlah itu akan bertambah karena donasi terus masuk,” ujar Presidium II PP KMHDI Ni Luh Putu Gopi Janawati kepada NusaBali, Sabtu (16/1).

Menurut Gopi, penggalangan bantuan mereka infokan melalui media sosial serta menyebar flyer. Namun mereka belum menentukan sampai kapan penggalangan bantuan dilakukan. Nantinya hasil penggalangan bantuan yang mereka peroleh akan diinfokan pula melalui media sosial.

Dalam menggalang bantuan, mereka tidak hanya menyasar umat Hindu, melainkan kalangan umum. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, kata Gopi, banyak dari kalangan umum menyumbang. Bahkan dari luar negeri ada yang ikut berpartisipasi.

Kelak jika terkumpul, dana yang mereka dapatkan disalurkan melalui KMHDI terdekat yakni PC Mamuju untuk bantuan di Sulbar dan PC Banjarmasin untuk bantuan di Kalsel. “Nantinya kawan-kawan di sana akan belikan sembako atau kebutuhan yang diperlukan,” papar Gopi.

Mengenai PP KMHDI apakah akan turun langsung ke lokasi bencana, Gopi menjelaskan, masih melihat situasi lantaran saat ini masih pandemi Covid-19. Namun yang pasti, lanjut Gopi, PP KMHDI bakal mengirimkan perwakilannya ketika bantuan disalurkan.

Selain PP KMHDI, PD/PC KMHDI juga melakukan penggalangan bantuan. Mereka bergerak atas instruksi dari PP KMHDI demi meringankan beban para korban banjir di Kalsel maupun gempa di Sulbar. “Biasanya PD/PC melakukan penggalangan bantuan dengan turun ke jalan,” imbuh Gopi. *k22

loading...

Komentar