nusabali

Longsor Menimpa Rumah di Lokasari, Sidemen

  • www.nusabali.com-longsor-menimpa-rumah-di-lokasari-sidemen

AMLAPURA, NusaBali
Tanah longsor terjadi di Banjar Lebu, Desa Lokasari, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Jumat (15/1) sekitar pukul 20.10 Wita, menimpa rumah Ni Nengah Marsi, 60.

Selain merobohkan rumah ukuran 6 meter x 5 meter, material longsor juga menjebol panyengker merajan panjang 6 meter, tinggi 2,5 meter. Tidak ada korban jiwa, kerugian material diperkirakan mencapai Rp 75 juta.

Menurut korban Ni Nengah Marsi, pada Jumat (15/1) sejak pukul 17.00 Wita hingga tengah malam terjadi hujan lebat di wilayah Desa Lokasari dan sekitarnya. Mendengar suara gemuruh sekitar pukul 20.05 Wita, Ni Nengah Marsi membangunkan suaminya I Nengah Mardi, 65. Beberapa menit kemudian material tanah yang longsor dari tebing menimpa bangunan rumah yang terdiri dari dua kamar tidur, serta menjebol panyengker merajan. Kebetulan rumah yang tertimpa longsor beratap seng, tidak ditempati malam itu.

Selanjutnya pada Sabtu (16/1) pukul 06.45 Wita, salah satu anak korban I Wayan Lanus, 28, melaporkan bencana itu kepada Perbekel Lokasari I Nengah Sukerta. Nengah Sukerta kemudian meneruskan laporan tersebut ke TRC BPBD Karangasem.

Selanjutnya TRC BPBD dipimpin Kepala Pelaksana BPBD Ida Ketut Arimbawa, memantau lokasi longsor. Petugas TRC BPBD mengalami kesulitan membawa alat-alat evakuasi ke lokasi kejadian, karena lokasi longsor cukup jauh, sekitar 7 kilometer, dari jalan raya.

Berdasarkan evaluasi dari Ida Ketut Arimbawa, perlu alat berat untuk menyingkirkan material longsor. Namun karena lokasi longsor di bukit, dan cukup jauh dari jalan raya, sehingga masih koordinasi dengan Dinas PUPR Karangasem.

“Sementara belum bisa mengevakuasi material longsor yang menimpa rumah. Kami masih berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk mendatangkan alat berat, karena lokasinya di kemiringan bukit,” kata Ida Ketut Arimbawa.

Walau di lokasi bencana masih ada bangunan lain untuk ditempati, Ida Ketut Arimbawa mengimbau korban untuk sementara menginap di rumah kerabat terdekat. Sebab dikhawatiri terjadi longsor susulan. Saran itu dituruti korban, sementara mengungsi di rumah kerabatnya.

Hadir di lokasi Danramil Sidemen Mayor Inf I Ketut Sumendra, beserta anggotanya dan anggota Polsek Sidemen. *k16

loading...

Komentar