nusabali

Usaba Dalem Besakih Sepi Pamedek

  • www.nusabali.com-usaba-dalem-besakih-sepi-pamedek

AMLAPURA, NusaBali
Pamedek masih sepi takil ke Pura Dalem Puri Besakih walau mendekati puncak Usaba Dalem pada Soma Wage Dukut, Senin (18/1) mendatang.

Sepinya pamedek karena adanya pembatasan kerumunan dan pengawasan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Karangasem dan GTPP Covid-19 Kecamatan Rendang.

Camat Rendang, I Wayan Mastra, mengungkapkan nedunang Ida Bhatara digelar pada Buda Wage Kelawu, Rabu (13/1). Nyejer hingga Anggara Kliwon Dukut (19/1). “Belum ada pemedek yang datang, walau telah dibolehkan menggelar persembahyangan sejak 13 Januari lalu,” jelas Wayan Mastra yang juga Ketua DGPP Covid-19 Kecamatan Rendang ditemui di Pura Dalem Besakih, Banjar Kedundung, Desa Besakih, Jumat (15/1).

Jalur selatan yakni pamedek dari Karangasem, Klungkung, Bangli, Gianyar, Tabanan, Badung, Denpasar, dan Jembrana, masih sepi sehingga Terminal Banjar Kedundung lengang. Hanya segelintir pamedek yang datang dari jalur utara yakni Bangli. “Pamedek yang datang dari Bangli rata-rata sehari sekitar 50 orang, sekali datang sebanyak 5 orang,” kata Wayan Mastra. Sehingga di jaba timur Pura Dalem Puri Besakih yang merupakan Tegal Penangsaran, tempat menggelar upacara masoda untuk sang pitara masih lengang.

Biasanya, umat membeludak menggelar banten sodaan di Tegal Penangsaran sejak nedunang Ida Bhatara. Sehingga Usaba Dalem Puri Besakih juga lazim disebut Usaba Pitra. Meski sepi pamedek, petugas GTPP Covid-19 Karangasem dan GTPP Covid-19 Kecamatan Rendang terus berjaga-jaga agar tidak terjadi kerumunan pamedek keluar masuk Pura Dalem Puri. “Jangan sampai Usaba Dalem Puri Besakih jadi klaster penularan Covid-19. Sesuai surat edaran PHDI dam MDA Karangasem hendaknya umat yang muspa cukup dari rumah saja,” kata Wayan Mastra.

pamangku di Pura Dalem Puri Besakih, I Gusti Mangku Ngurah Kubayan, mengakui belum ada pAmedek yang datang. “Bisa saja di puncak Usaba Dalem Puri Besakih pamedek mulai berdatangan walau telah diberlakukan pembatasan. Biasanya usai nedunang Ida Bhatara pamedek telah berdatangan,” katanya. Dampak pandemi Covid-19 itu, menurut Gusti Mangku Ngurah Kubayan menyebabkan pamedek tidak banyak datang. Pedagang juga tidak datang, biasanya ramai jualan di sepanjang jalur Pura Dalem Puri Besakih. *k16

Komentar