nusabali

ODGJ Ngamuk, Keluarga Takut

  • www.nusabali.com-odgj-ngamuk-keluarga-takut

Petugas Puskesmas Abang I tiba di lokasi lalu suntikan bius agar ODGJ tenang dan tidak mengamuk.

AMLAPURA, NusaBali

Anggota Satpol PP Karangasem mengamankan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), I Ketut Marianta, 28, di Banjar Batumadeg, Desa Tista, Kecamatan Abang, Karangasem, Jumat (15/1) siang. ODGJ itu diamankan karena mengamuk di rumahnya. Keluarganya ketakutan dan minta bantuan ke Satpol PP Karangasem. Setelah diamankan, Marianta dibawa ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Bali di Bangli.

Bhabinkamtibmas Desa Tista, Bripka I Gede Darti Suandana, melaporkan ke Satpol PP ada ODGJ mengamuk yang membuat keluarganya ketakutan. Sebanyak 6 anggota Satpol PP dipimpin Kepala Seksi Operasional dan Pengendalian I Gede Arianta Pariatna mendatangi lokasi kejadian. Selanjutnya Satpol PP berkoordinasi dengan Puskesmas Abang I. Tak berselang lama, petugas Puskesmas Abang I tiba di lokasi. Selanjutnya berikan suntikan bius kepada OGGJ agar tidak mengamuk.

Marianta dengan mudah akhirnya diamankan. Keluarga minta ke petugas agar membawa Marianta ke RSJ Bali di Bangli. Petugas Puskesmas Abang I kemudian mengantar Marianta menggunakan ambulans diikuti anggota keluarga. Menurut keterangan keluarga, Marianta sering mengamuk. Kepala Puskesmas Abang I, dr Komang Wirya, membenarkan stafnya mengantar ODGJ ke RSJ Bali. Sementara Kasi Operaional dan Pengendalian Satpol PP I Gede Arianta mengatakan, anggota hanya mengamankan ODGJ agar tidak mengamuk. “Penanganan lebih lanjut di RSJ Bali,” jelas Gede Arianta. *k16

Komentar