nusabali

15 Nakes Divaksin di Puskesmas I Denbar

Vaksinasi Covid-19 di Kota Denpasar Mendahului

  • www.nusabali.com-15-nakes-divaksin-di-puskesmas-i-denbar

Puskesmas I Denbar melayani vaksinasi Covid-19 dari Senin hingga Sabtu, namun jamnya berbeda.

DENPASAR, NusaBali

Meski jadwal vaksinasi Covid-19 serentak di Kota Denpasar dimulai pada Jumat (15/1) hari ini, namun Puskesmas I Denpasar Barat (Denbar) memilih untuk melakukan vaksinasi lebih awal yakni pada Kamis (14/1). Namun vaksinasi lebih awal itu dikhususkan bagi beberapa tenaga kesehatan (nakes) yang sudah mendapat konfirmasi melalui pesan singkat SMS.

Penanggungjawab pelayanan di Puskesmas I Denbar dr Wita Ariani, mengatakan ada 15 orang yang divaksin. Semuanya merupakan tenaga kesehatan (nakes) dari berbagai rumah sakit di Denpasar. “Ada 15 orang, semuanya nakes. Sekarang ini sesi pertama, dan di sesi pertama ini melayani 15 orang setiap harinya,” papar dr Wita Ariani.

Menurut dr Wita Ariani, untuk pelayanan vaksin Covid-19 ini, Puskesmas I Denbar melayani dari Senin hingga Sabtu, namun jamnya berbeda. Hari Senin hingga Kamis jam pelayanan mulai pukul 11.00 Wita sampai 13.00 Wita. Kemudian Jumat dan Sabtu mulai pukul 10.00 Wita sampai 12.00 Wita.

Mengenai proses penerima vaksin, pertama, menunggu sesuai nomor antrean. Kemudian setelah dipanggil, menunjukkan bukti SMS dan KTP. Setelah itu, sasaran diperiksa kondisinya seperti tensi, berat badan, dan ditanya mengenai penyakit penyerta. Setelah semua tanpa masalah, barulah sasaran divaksin di ruangan khusus.

“Setelah divaksin, sasaran dapat menunggu untuk menanti hasil dari dokter. Kalau tidak ada gejala setelah divaksin, dipersilakan pulang,” papar dr Wita Ariani.

Salah seorang penerima vaksin, Ni Ketut Suartini, 32, asal Denpasar Barat saat ditanya mengatakan dirinya sudah mendapat konfirmasi penerima vaksin Covid-19 sejak 3 hari sebelumnya.

“Informasi soal vaksin ini sudah saya tahu sebelumnya. Tapi di sini (di Puskesmas I Denbar, tempat pelaksanaan vaksinasi) lebih detail lagi ditanya mengenai riwayat penyakit, konsumsi sehari-hari, aktivitas, dan apakah mengkonsumsi alkohol serta merokok atau tidak,” ujar nakes yang bekerja di Rumah Sakit Bali Med ini.

Seperti diketahui vaksinasi serentak di Kota Denpasar digelar pada Jumat (15/1) hari ini. Namun pada Kamis kemarin sudah dilaksanakan, lantaran penerima vaksin sudah menerima konfirmasi jauh hari sebelumnya. Meski mengawali, namun proses vaksinasi di Puskesmas I Denbar tersebut tidak mengalami kendala karena sudah melakukan simulasi sebelumnya.*mis

Komentar