nusabali

Inspektorat Seragamkan Keuangan BUMDes

  • www.nusabali.com-inspektorat-seragamkan-keuangan-bumdes

SEMARAPURA, NusaBali
Inspektorat Kabupaten Klungkung kini menyiapkan aplikasi untuk penyeragaman sistem keuangan BUMDes di setiap desa.

Semua BUMDes siap-siap menerima aplikasi keuangan ini. ‘’Aplikasi ini akan kami sempurnakan sampai final agar bisa mengakomodir dan mengevaluasi seluruh kegiatan usaha BUMDes,” ujar Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat menerima presentasi appikasi itu dari Inspektorat Klungkung di ruang rapat Bupati Klungkung, Senin (11/1).

Presentasi dihadiri Inspektur Daerah (Irda) Kabupaten Klungkung I Made Seger dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Klungkung I Wayan Suteja.

Bupati yang sering bergelut dalam akuntansi menyebut pelaporan BUMDes di Klungkung tidak seragam. Hal ini akan menimbulkan permasalahan pada saat ada pemeriksaan. Maka dari itu, langkah preventif harus dilakukan dengan menyiapkan aplikasi dengan baik. Sehingga nantinya BUMDes bisa dijalankan dengan sistem, bukan berdasarkan keinginan dari pada pengurus BUMDes.

Inspektur Daerah Klungkung I Made Seger mengatakan, penyusunan aplikasi program akuntasi excel demo berbasis Microsoft Excel sudah disiapkan selama empat bulan dan sudah diuji coba di BUMDes Tihingan dan BUMDes Nyanglan. Dia berharap dengan adanya aplikasi ini akan ada keseragaman dan mempermudah pengelolaan dan pengawasan keuangan BUMDes. *wan

Komentar