nusabali

ST Putra Kencana, Banjar Dauh Tangkluk Juarai Pilem Mebarung

  • www.nusabali.com-st-putra-kencana-banjar-dauh-tangkluk-juarai-pilem-mebarung

DENPASAR, NusaBali 
Film dokumenter pembuatan ogoh-ogoh dari Sekaa Teruna (ST) Putra Kencana, Banjar Dauh Tangkluk, Kelurahan Kesiman, Denpasar Timur keluar sebagai juara pertama dalam Kompetisi Film Dokumenter Antar Sekaa Teruna se-Kota Denpasar 2020

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Kreatif (BKraf) Kota Denpasar dalam rangka Denpasar Festival (Denfest) ke-13.  Penyerahan hadiah juara dilakukan pada, Jumat (8/1) di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA) Art & Creative Hub, Lumintang, Denpasar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. ST Putra Kencana sukses mengalahkan pesaing mereka dengan mengangkat tema Gedung Agung. Menurut Ketua ST Putra Kencana, AA Bagus Ariwisnawa, dalam pembuatan ogoh-ogoh, mengangkat kisah tentang I Gede Basur yang melegenda di Bali.

Korelasinya, yakni sekaligus mengenang Sekaa Arja Basur yang dibangun oleh para tetua di banjar setempat sejak puluhan tahun silam. Di mana, Sekaa Arja Basur ini sangat terkenal seantero Bali pada jamannya.

"Ini adalah upaya kami mengangkat potensi yang ada di banjar kami. Sekaligus mengenang kembali kebanggaan di banjar kami," ujar Ariswinawa.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Badan Kreatif (BKraf) Kota Denpasar, I Putu Yuliartha mengatakan penyelenggaraan Pilem Mebarung ini merupakan sinergi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Lembaga, dan Komunitas Kreatif yang ada di Kota Denpasar. Sebagai juara pertama ST Putra Kencana (Banjar Dauh Tangkluk, Kesiman), juara II berturut-turut hingga juara harapan VI, yakni ST Dharma Ghargita (Banjar Suwung Batang Kendal, Sesetan), ST Bineka (Banjar Binoh Kelod, Ubung Kaja), ST Yowana Saka Bhuwana (Banjar Taensiat, Dangin Puri Kaja), ST Eka Santi (Banjar Tagtag Tengah, Peguyangan), ST Satya Dharma Kerti (Banjar Kaja, Sesetan), ST Swastika (Banjar Pekambingan, Dauh Puri), ST Tunas Muda (Banjar Dukuh Merta Jati, Sidakarya) dan ST Teruna Eka Laksana (Banjar Gaduh, Sesetan). *mis

loading...

Komentar