nusabali

Trans Metro Dewata Layani Rute Baru Hingga Ubud

  • www.nusabali.com-trans-metro-dewata-layani-rute-baru-hingga-ubud

DENPASAR, NusaBali.com
Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal dan Nyaman (Teman) Bus Trans Metro Dewata telah resmi diluncurkan pada September 2020 lalu oleh Gubernur Provinsi Bali, I Wayan Koster. Teman Bus yang murah dan disubsidi oleh pemerintah ini diharapkan bisa membangun kesadaran masyarakat terhadap transportasi publik yang aman, nyaman dan efisien.

Pada saat diluncurkan, Teman Bus hanya melayani satu koridor saja yakni Koridor II yang melayani rute GOR Ngurah Rai Denpasar menuju Bandara Ngurah Rai Kuta dari empat koridor yang direncanakan. Sejumlah 22 unit armada Teman Bus melayani Koridor II ini.

Per 13 Desember 2020 lalu, Koridor I dengan jumlah armada yang mencapai 31 unit Teman Bus telah resmi diluncurkan. Koridor I ini melayani rute Terminal Pesiapan Tabanan sampai Central Parkir Kuta Badung.

Sementara Koridor III dengan jumlah armada 20 unit Teman Bus yang melayani rute Pantai Matahari Terbit Sanur-Terminal Ubung juga telah diluncurkan per 8 Desember 2020 lalu. Terakhir, Koridor IV dengan 32 unit Teman Bus yang melayani rute Terminal Ubung (Denpasar)-Monkey Forest Ubud (Gianyar) juga telah diluncurkan per 27 Desember 2020 lalu.

Meskipun dua koridor baru diluncurkan, rupanya penumpang yang menaiki rute ini sudah ada banyak. Hal ini diakui oleh Ngurah Kasdiman, salah seorang driver Teman Bus pada rute Koridor IV. “Sudah ada banyak, biasanya hari libur dan akhir pekan paling ramai,” ungkapnya.

Semua koridor Teman Bus melayani dari pukul 06.00 - 21.00 Wita. Untuk bisa memantau kedatangan bus dan mengetahui rute layanan bisa lihat di aplikasi Teman Bus.

Teman Bus juga dilengkapi fasilitas CCTV dalam bus dan juga tetap menjalankan protokol kesehatan. Penumpang yang dibatasi hanya 40 orang dengan social distancing serta hand-sanitizer juga disediakan dalam bus.


Selain itu, pembayaran dengan sistem e-money juga diterapkan pada armada Teman Bus. Berdasarkan pantauan tim NusaBali, saat ini sistem pembayaran e-money hanya terdapat pada armada Teman Bus di Koridor II. Penumpang cukup menyiapkan kartu tap e-money saat hendak menaiki Teman Bus pada koridor tersebut. “Untuk yang lain karena masih baru jadi nanti ditambahkan lagi,” jelas Ngurah lagi.

Menariknya, menaiki Teman Bus dikenakan biaya Rp 0 alias gratis. Pembebasan biaya ini memang merupakan subsidi dari pemerintah. Awalnya promo ini diberlakukan sampai Desember 2020. Namun, promo ini diperpanjang. “Iya, karena ini rute baru, jadi biar masyarakat bisa mencoba dulu, nanti akan disesuaikan lagi,” tandas Ngurah.*cla

loading...

Komentar