nusabali

Usaba Dalem di Besakih, Ida Bhatara Nyejer 7 Hari

  • www.nusabali.com-usaba-dalem-di-besakih-ida-bhatara-nyejer-7-hari

AMLAPURA, NusaBali
Usaba Dalem di Pura Dalem Puri Besakih, Banjar Kedundung, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem puncaknya Soma Wage Dukut, Senin (18/1).

Nedunang Ida Bhatara pada Buda Wage Klawu, Rabu (13/1), dan nyejer hingga Anggara Kliwon, Dukut (19/1). Ida Bhatara nyejer selama tujuh hari. Pelaksanaan Usaba Dalem Puri Besakih dibahas melalui paruman di Sekretariat Daerah Karangasem, Jalan Ngurah Rai Amlapura, Senin (4/1).

Paruman juga membahas rencana perayaan Siwaratri pada Anggara Pon Kelawu, Selasa (12/1). Pertemuan dipimpin Asisten I Setda Karangasem I Wayan Purna dihadiri Asisten II I Made Sama, Kabag Kesra Setda Karangasem I Wayan Witrawan, Kapolsek Karangasem Kompol I Ketut Suartika Adnyana, Camat Rendang I Wayan Mastra, dan pejabat terkait lainnya.

Sementara paruman melibatkan pejabat Kecamatan Rendang membahas pelaksanaan Usaba Dalem Puri Besakih belum dilakukan. “Dalam waktu dekat ini, kembali rapat melibatkan Camat Rendang, Kapolsek Rendang, Danramil Rendang, Perbekel Besakih, Bendesa Adat Besakih, dan pamangku di Pura Besakih,” jelas Camat Rendang, I Wayan Mastra. Terpisah, pamangku di Pura Dalem Puri Besakih, I Gusti Mangku Ngurah Kubayan, mengatakan sudah menetapkan dudonan Usaba Dalem Puri Besakih. Ida Bhatara nyejer selama seminggu, selama itu pula umat berkesempatan ngaturang banten sodaan kepada sang pitara di Pura Dalem Puri.

I Gusti Mangku Ngurah Kubayan mengatakan, persembahyangan dibagi tiga, pertama melakukan persembahyangan di jeroan Pura Dalem Puri Besakih, kedua di Pura Prajapati, dan terakhir persembahyangan di Tegal Penangsaran, jaba timur Pura Dalem Puri Besakih untuk menggelar banten sodaan sebagai bentuk persembahan kepada sang pitara. “Pamedek lebih leluasa dapat kesempatan melakukan persembahyangan selama tujuh hari,” jelas I Gusti Mangku Ngurah Kubayan.

Kapolsek Rendang, Kompol I Made Sudartawan, mengaku telah melakukan antisipasi membeludaknya pamedek agar tidak terjadi kemacetan di jalur-jalur menuju Pura Dalem Puri. “Kami telah melakukan pemetaan jalur kendaraan yang masuk ke Terminal Kedundung dan jalur keluar agar tidak krodit berpapasan,” ungkap Kompol Made Sudartawan. Jalur masuk melalui Desa Menanga dan Banjar Kunyit, Desa Besakih. Keluar melalui Banjar Batusesa, Desa Menanga, ke arah timur dan Banjar Suukan, Desa Menanga, ke arah barat.

Polsek Rendang akan menempatkan anggota di beberapa pos yang rawan kecelakaan lalulintas terutama dari jalur Banjar Kunyit, Desa Besakih, Kecamatan Rendang dari arah barat, yang banyak tikungan dan rawan nyemplung ke jurang. Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, juga mengingatkan di jalur menuju Pura Besakih rawan longsor, terutama memasuki Banjar Menanga Kangin dan Banjar Tegenan, Desa Menanga. “Apalagi selama Usaba Dalem Puri Besakih masih musim hujan, pamedek mesti hati-hati melintas,” imbau Ida Ketut Arimbawa. *k16

Komentar