nusabali

Wabup Suiasa Tinjau Lahan Pembangunan Pura Pancung Segara

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-tinjau-lahan-pembangunan-pura-pancung-segara

MANGUPURA, NusaBali
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa meninjau aset tanah pemerintah yang dimohonkan oleh krama Banjar Basangkasa, Kelurahan Seminyak, Kecamatan Kuta, Badung dan Para Pengempon Desa Adat Kerobokan serta Padangsambian, Senin (4/1).

Aset tanah yang dimohonkan tersebut akan diperuntukkan untuk pembangunan Pura Pancung Segara. Dalam peninjauan aset tanah tersebut Wabup Suiasa didampingi anggota Dewan Badung I Gusti Anom Gumanti, Kabag Pemerintahan Setda Badung Dewa Gede Sudirawan, Camat Kuta I Nyoman Rudiarta, Sekretaris Camat Kuta I Kadek Agus Suantara, Kabid Pengelola Aset Daerah BPKAD Badung Nengah Nurjana, Lurah Seminyak Kadek Oka Parmadi, Kelian Adat Banjar Basangkasa I Nengah Suarja, Bendesa Adat Kerobokan AA Putu Sutarja, serta krama dan pangempon pura.

Wabup Suiasa memberikan apresiasi terkait surat permohonan krama untuk pembangunan Pura Pancung Segara. Menurutnya, Pemkab akan memberikan dukungan langkah yang terbaik bagi umat dan pamedek untuk melaksanakan ibadahnya dan Linggih Ida Sasuhunan.

Wabup Suiasa menyatakan akan menindaklanjuti permohonan krama tersebut dan menyiapkan apa yang harus dilakukan. Wakil Bupati asal Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, itu menambahkan jika Januari 2021 administrasinya ditarget selesai. Termasuk penataan lingkungan di sekitarnya agar tampak asri dan nyaman, sehingga menjadi suatu daya bagi wisatawan yang datang ke pantai.

“Agar setelah pembangunan selesai, di kemudian hari tidak ada lagi persoalan, kami ingin krama maupun pamedek dapat melaksanakan upakara, upacara, dan persembahyangan dapat berjalan hikmat. Ini juga merupakan langkah kami untuk mewujudkan kelestarian adat, seni, dan budaya tetap ajeg sesuai dengan program PPNSB yang sudah dapat dinikmati oleh masyarakat Badung,” jelas Wabup Suiasa.

Dalam kesempatan bertemu dengan para prajuru dan krama dilaksanakan di Wantilan Pura Dalem Kayu Aya, Wabup Suiasa menyampaikan terima kasih kepada krama Banjar Basangkasa dan warga Kelurahan Seminyak secara keseluruhan yang sudah menjalankan swadarma sebagai warga negara yang baik dalam ikut menjaga kedamaian dan ketenteraman wilayahnya pada pagelaran pilkada tahun 2020 lalu.

Kelian Adat Banjar Basangkasa I Nengah Suarja, mengatakan krama lan pangempon Pura Pancung Segara menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Badung. Pihaknya berharap pembangunan pura dapat cepat terwujud.

“Kami krama Banjar Basangkasa, Seminyak dan pangempon pura baik yang dari Desa Adat Kerobokan dan Padangsambian mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung yang telah menerima permohonan kami dan menindaklanjuti untuk pembangunan genah Ida Betara Betari yang berstana di Pura Pancung Segara. Dengan diberikan izin oleh Pemkab Badung tentu menjadi kebahagiaan yang tidak ternilai bagi pangempon dan krama,” katanya.

“Adapun tempat yang kami mohonkan kepada Pemkab Badung adalah tanah yang berada dekat dengan letak pura tersebut yaitu di sebelah barat sungai, tepi pantai dekat bangunan Balawista dan wantilan tempat beristirahat para surfer. Luas tanah keseluruhan untuk pembangunan pura tersebut kira-kira 70 meter persegi,” kata Nengah Suarja. *

Komentar