nusabali

Peringkat Teratas, Pegolf Bali Berpeluang ke Pelatnas SEAG

  • www.nusabali.com-peringkat-teratas-pegolf-bali-berpeluang-ke-pelatnas-seag

JAKARTA, NusaBali
Pegolf asal Bali Ida Ayu Indira Melati Putri (Ayu Mela) berpeluang masuk Pelatnas Golf SEA Games 2021.

Pasalnya, sampai saat ini Ayu Mela masih menempati peringkat teratas di Indonesia. Menurut pelatih golf nasional M. Alga Topan, pihaknya nanti akan memanggil tujuh pegolf.

"Namun kami menunggu petunjuk Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengenai Pelatnas SEA Games 2021. Yang pasti Mela punya peluang masuk Pelatnas lagi karena dia masih The Best di Indonesia alias peringkat teratas di bagian putri," ujar Alga Topan, Rabu (30/12).

Bahkan, kata Alga, ditingkat dunia peringkat Mela lebih bagus dibandingkan pegolf tanah air lainnya. Mela di peringkat 85 dunia, sedangkan sedangkan pegolf putri lainnya di peringkat 500 dan 1000 ke atas. Mela mendapat posisi seperti itu tidak terlepas dari banyak mengikuti kejuaraan golf.

"Usai SEA Games 2019, para pegolf istirahat sampai awal tahun 2020. Ketika kami ingin mulai kegiatan, pandemi datang sehingga diputuskan tidak ada Pelatnas," kata Alga.

Hal tersebut dilakukan agar mereka terhindar dari Covid-19. Biar para pegolf tidak berdiam diri, PB PGI memfasilitasi para pegolf yang di DKI Jakarta melakukan latihan secara mandiri di padang golf Pondok Indah, Jakarta Selatan. Dengan latihan mandiri mereka tidak berkerumun dan bisa pulang pergi.

Selain memfasilitasi pegolf di DKI Jakarta, kata Alga, PB PGI juga menjalin kerjasama dengan klub di luar daerah seperti Bali dan Surabaya agar memberikan fasilitas latihan gratis kepada para atlet golf.

"Mela saat ini tetap berlatih di Bali. Begitu pula dengan pegolf lainnya," kata Alga. Dengan latihan mandiri di daerah, kelak pegolf siap dipanggil masuk Pelatnas. Komposisi pegolf di Pelatnas, yakni empat putra dan tiga putri. Alga berharap, Pelatnas segera berlangsung untuk persiapan ke SEA Games 2021 di Vietnam.

"Mudah-mudahan Pelatnas golf segera mulai sehingga kami punya banyak waktu mempersiapkan diri. Sebab SEA Games 2021 berlangsung November. Persiapan jauh-jauh hari sangat penting agar penampilan pegolf Indonesia semakin bagus," ucap M Alga Topan. *k22

Komentar