nusabali

Polisi Terapkan Prokes Ketat saat Ibadah Natal

  • www.nusabali.com-polisi-terapkan-prokes-ketat-saat-ibadah-natal

DENPASAR, NusaBali
Polresta Denpasar melakukan pengamanan ketat di beberapa gereja di Denpasar yang menyelenggarakan Ibadah Natal pada Jumat (25/12).

Polisi juga memperketat protokol kesehatan (prokes) dalam pengamanan kali ini. Salah satunya yang terlihat di Gereja GPIB Ekllesia di Bandara Ngurah Rai, Kuta, Badung. Kasubag Humas Polresta Denpasar Iptu I Ketut Sukadi mengatakan, hingga ibadah Natal selesai, jumlah jemaat yang hadir di Gereja GPIB Ekllesia sebanyak 401 orang. "Personel gabungan, Polda Bali, Polresta termasuk pihak keamanan bandara dan pecalang turun melakukan pengamanan. Dengan penerapan protokol kesehatan (prokes)," katanya.

Sebelum memasuki gereja, para jemaat menjalani pemeriksaan suhu tubuh, mencuci tangan dan menjaga jarak. "Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya klaster-klaster baru Covid-19," kata Ketut Sukadi.

Dilanjutkannya, sebanyak 10 orang jamaat yang berusia di bawah umur 17 tahun diminta pulang. "Karena ada aturan dari pihak gereja, yang membatasi usia jemaat. Jadi yang diperbolehkan masuk dan mengikuti ibadah adalah usia di atas 17 tahun sampai 65 tahun," ucap Ketut Sukadi.

Peribadahan juga dilakukan secara bergantian, mengingat jumlah jemaat dengan kapasitas gereja tak memadai. Dan ada juga melalui live streaming di luar gereja. "Sesi pertama selesai lalu digantikan dengan jemaat lainnya. Ruangan yang ada di gereja disterilkan kembali dengan cairan disinfektan," katanya. Dikatakan Ketut Sukadi, jumlah petugas keamanan yang siaga di Gereja GPIB Ekllesia sebanyak 41 orang termasuk dari pihak Gereja dan Pecalang setempat.

Pantauan hingga Jumat malam, tidak ada gangguan kamtibmas yang terjadi dalam kegiatan ibadah Natal di Denpasar dan sekitarnya. *rez

Komentar