nusabali

KMHDI Jakarta Gali Dana untuk Pemangku Pura

  • www.nusabali.com-kmhdi-jakarta-gali-dana-untuk-pemangku-pura

JAKARTA, NusaBali
Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) Jakarta melakukan penggalian dana untuk para pemangku dan penjaga pura se-Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi).

Penggalian dana dilakukan sejak Selasa, 22 Desember 2020 lalu. Nantinya dana yang diperoleh mereka belikan sembako untuk disalurkan pada Selasa, 29 Desember 2020.


"Kami melakukan penggalian dana guna memberikan bantuan kepada para pemangku dan penjaga pura se-Jabodetabek. Lantaran selama ini mereka sudah banyak membantu kegiatan keumatan. Setidaknya kami perlu memperhatikan mereka pula," ujar Ketua Bidang Organisasi KMHDI Jakarta Wayan Satria Giri Sandi kepada NusaBali, Jumat (25/12).

Menurut Wayan Satria, para penjaga pura mendapat penghasilan dari menjaga pura secara sukarela. Oleh karena itu, pendapatan mereka tidak tetap. Sementara pemangku, tidak semua memiliki pekerjaan sampingan. Bahkan mereka konsentrasi penuh sebagai pemangku.

Untuk itu, pendapatan mereka tidak besar pula. "Mereka telah banyak membantu umat dalam berbagai kegiatan agama. Sebagai anak-anak muda, kami perlu memikirkan mereka pula. Caranya dengan melakukan kegiatan sosial lewat pembagian sembako," ucap Wayan Satria.

Sembako nantinya KMHDI Jakarta antarkan langsung kepada mereka. Saat ini, KMHDI Jakarta masih melaksanakan penggalian dana. Mereka menyebar proposal kepada kalangan umat Hindu se-Jabodetabek serta membuka donasi melalui media sosial.

Selama empat hari penggalian dana, mereka berhasil mendapatkan dana Rp. 1,5 juta. Pria yang duduk di semester sembilan jurusan Psikologi Universitas Gunadarma ini mengatakan, pihaknya menargetkan memperoleh Rp. 15 juta. Dia optimistis target tersebut tercapai, karena masih ada waktu untuk mendapatkan dana sebesar itu.

"Mudah-mudahan kami bisa mendapatkan dana lebih dari target sehingga bantuan sembako yang kami berikan lebih banyak lagi kepada pemangku dan para penjaga pura. Bagi umat Hindu yang berminat menyumbangkan sebagian rezekinya dapat menyalurkan ke KMHDI Jakarta, karena ini dari umat untuk umat," kata Wayan Satria. *k22

Komentar