nusabali

Warih Ida Bhatara Nyejer Pejati di Merajan

Pujawali Pura Padharman Dalem Tarukan

  • www.nusabali.com-warih-ida-bhatara-nyejer-pejati-di-merajan

BANGLI, NusaBali
Pujawali di Pura Padharman Pusat Ida Bhatara Dalem Tarukan dan Ida Bhatara Putra Gede Pulasari di Banjar Pulasari, Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Bangli jatuh pada Buda Kliwon Ugu, Rabu (30/12) mendatang.

Di tengah pandemi Covid-19, warih Ida Bhatara diharapkan menghaturkan pejati di merajan masing-masing. Bhakti pejati nyejer selama pujawali berlangsung.  Manggala Pakandel, Komang Gede Supartha, menjelaskan pujawali tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Bagi warih Ida Bhatara untuk menghaturkan dan nyejer pejati di merajan masing-masing pada puncak pujawali. “Kami memohon ketentraman, kesehatan, dan keselamatan serta memohon pandemi Covid-19 cepat punah,” ungkap Komang Gede Supartha, Rabu (23/12).

Warih Ida Bhatara agar melaksanakan persembahyangan di merajan masing-masing, bersama ngayat ke pura padharman pusat. “Jika warih Ida Bhatara Kawitan ingin tangkil agar mengatur waktunya selama Ida Bhatara Nyejer sehingga dapat mengurangi antrian dan juga kerumunan,” pinta Komang Gede Supartha. Tatanan pelaksanaan pujawali diawali dengan Pakandel ngalah pada Sukra Kliwon Bala, Jumat (25/12). Nunas tirta di Pura Kahyangan Jagad dan mapiuning di Pura Kahyangan Desa. Pada Anggara Wage Ugu, Selasa (29/12) Ida Bhatara mesucian ring natar madya mandala.

Puncak pujawali pada Buda Kliwon Ugu, Rabu (30/12) dimulai pukul 10.00 Wita. Komang Supartha menegaskan dalam pelaksanaan pujawali, pangayah wajib dalam kondisi sehat. Bila ada yang sakit seperti deman, flu, sakit tenggorokan tidak diperkenankan tangkil ke pura. Tetap menggunakan masker serta menjaga jarak. Tempat cuci tangan serta hand sanitizer telah disiapkan. *esa

Komentar