nusabali

SMAN 2 Amlapura Gelar Lomba WEST Pramuka Virtual

  • www.nusabali.com-sman-2-amlapura-gelar-lomba-west-pramuka-virtual

AMLAPURA, NusaBali
SMAN 2 Amlapura menggelar lomba WEST (Widyaloka Elite Scout Tournament) Pramuka 2020 secara virtual.

Lomba virtual pertama tingkat penggalang ini diagendakan dari tanggal 19-20 Desember 2020. Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus) SMAN  2 Amlapura, I Nengah Miyasa, mengatakan lomba meliputi cerdas cermat, tangkas semaphore (senam), dan kreatif skill (membuat poster). Lomba melalui aplikasi zoom.

Nengah Miyasa menjelaskan, lomba cerdas cermat bertujuan menguji wawasan siswa tingkat penggalang bidang kepramukaan. Penggalang wajib memahami sejarah Pramuka, mengenal bapak pandu Indonesia, bapak pandu Dunia, kriteria jadi penggalang agar mampu menguasai amanat Tri Satya, dan Dasa Darma Pramuka. Wajib memiliki SKU (tanda kecakapan umum) dan TKK (tanda kecakapan khusus), dan mengetahui 10 macam TKK dari tiga bidang TKK.

Penggalang wajib mampu membuat hasta karya, misalnya membuat pioneering, dan wajib mengikuti jambore minimal jambore ranting dan sebagainya. “Semua itu akan diuji melalui cerdas cermat,” jelas Nengah Miyasa didampingi Ketua Dewan Ambalan SMAN 2 Amlapura I Gede Nova Digayana, Kamis (17/12). Ditegaskan, Pramuka untuk pendidikan karakter siswa, menegakkan disiplin, sehingga berpengaruh untuk meningkatkan semangat belajar di sekolah. Peserta mengikuti lomba dari sekolah SMP masing-masing, dewan juri melakukan penilaian dari SMAN 2 Amlapura melalui aplikasi zoom.

Peserta ikut lomba di ruangan tertutup, tidak ada pembina yang mendampingi. Jika ada pembina yang kelihatan membantu siswanya akan diskualifikasi. Terpisah, Kamabigus SMPN 1 Bebandem Ni Wayan Parwati mengaku telah menyiapkan siswanya ikut lomba. “Kami telah melakukan persiapan, baik cerdas cermat, tangkas semaphore, dan kreatif skill. Hanya saja, temanya belum tahu,” jelas Ni Wayan Parwati.

Guru pembina SMPN 1 Bebandem, I Gusti Ayu Septiari, mengaku berusaha tampil optimal di tiga nomor yang akan diikuti. "Kalau bisa, ketiga-tiganya juara,” tegas I Gusti Ayu Septiari. Salah seorang anak didik, Ni Komang Tri Purnami, yang ikut cerdas cermat mengaku telah mempersiapkan diri dengan baik. Sementara Kamabigus yang juga Kasek SMPN 1 Amlapura, I Komang Suweca, juga mengaku telah mempersiapkan anak didiknya ikut lomba. *k16

Komentar