nusabali

Pohon Bertumbangan, BPBD Minim Alat

  • www.nusabali.com-pohon-bertumbangan-bpbd-minim-alat

AMLAPURA, NusaBali
BPBD Karangasem kewalahan tangani pohon tumbang, Rabu (9/12). BPBD tidak bisa kerja maksimal karena minimnya peralatan.

Dalam sehari ada 14 pohon tumbang sementara hanya punya 10 chainsaw. Apesnya lagi, enam chainsaw tidak bisa dipakai karena rusak. Di hari pertama hanya membersihkan 5 pohon tumbang, 9 sisanya dilanjutkan keesokan harinya.  

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, mengaku punya 10 chainsaw. “Terkadang kami kewalahan di saat banyak terjadi pohon tumbang,” kata Ida Ketut Arimbawa, Kamis (10/12). Selain keterbatasan tenaga di lapangan juga keterbatasan fasilitas. Penanganan pohon tumbang yang jadi prioritas adalah pohon yang tumbang ke jalan raya. Sedangkan pohon tumbang yang menimpa rumah, pura, dan sebagainya masuk penanganan berikutnya.

Tertundanya penanganan pohon tumbang Rabu kemarin juga karena pohon menimpa kabel listrik milik PT PLN Persero Amlapura. Sehingga petugas BPBD tidak bisa langsung melakukan penanganan di lapangan, mesti berkoordinasi lebih dahulu dengan petugas PT PLN agar aliran listrik dimatikan sementara. “Selain kekurangan chainsaw, pohon tumbang ada menimpa kabel listrik, sehingga untuk melakukan penanganan perlu aliran listrik dimatikan sementara,” tambahnya. *k16

Komentar