nusabali

TNI Siap Kawal Pilkada Serentak

  • www.nusabali.com-tni-siap-kawal-pilkada-serentak

DENPASAR, NusaBali
TNI sebagai aparat keamanan yang harus berdiri netral di tengah masyarakat siap sukseskan Pilkada Serentak yang digelar serentak hari ini.

Selain tantangan menjaga keamanan TNI bersama Polri berkoordinasi dengan penyelenggara Pemilu dan instansi terkait lainnya agar Pilkada ini tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Candra Wijaya dalam rilis tertulisnya, Selasa (8/12) mengungkapkan pemerintah menargetkan partisipasi pemilih dalam Pilkada serentak ini 75,5 persen. Di tengah pandemi Covid-19 saat ini ungkap Brigjen Candra tentu memiliki tantangan tersendiri. Utamanya meyakinkan masyarakat aman dari Covid-19.

"Tadi (kemarin) kami mengikuti rapat koordinasi penanganan Covid-19 melalui video conference yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) bapak Muhammad Tito Karnavian. Mendagri berharap Pilkada ini berjalan aman, damai, sejuk serta sehat," tuturnya.

Ada beberapa hal yang menjadi kunci sukses pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020. Seperti penegakan aturan yang tegas terhadap pelanggar protokol kesehatan. "Pemerintah berharap Pilkada serentak tahun 2020 ini dari setiap daerah yang melaksanakan pilkada dapat mencapai 77,5 % perhitungan suara dari jumlah pemilih yang telah terdaftar di KPU setiap daerah," ungkapnya.

Melalui vidcon itu juga ungkap Brigjen Candra, Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang menyampaikan bahwa tugas TNI dalam Pengamanan Pilkada Serentak tahun 2020 berdasarkan Intruksi Presiden RI (Inpres) Nomor 6/2020, PKPU Nomor 6, 10 dan 13/2020 dan tetap berkoordinasi dengan Polri, KPU, dan Bawaslu dari setiap daerah yang melaksanakan Pilkada.

Berdasarkan Inpres tersebut, TNI telah melakukan penerapan protokol kesehatan melalui sosialisasi yang bersifat edukatif, persuasif, humanis serta proporsional. Juga turut serta melaksanakan pengamanan tahapan pelaksanaan Pilkada dan ikut membantu Polri serta instansi terkait lainnya dalam pengamanan dan pendistribusian logistik Pilkada berdasarkan permintaan KPU.

TNI senantiasa mendorong dan meningkatkan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2020 ini agar menyediakan alat protokol kesehatan di setiap TPS. Sehingga dalam pelaksanaan pemungutan suara berlangsung dengan damai dan sejuk dan tidak menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19.

"Satu hal penenkanan beliau yaitu TNI harus menjaga netralitasnya dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Peran dari TNI dan Kepolisian harus bersatu padu dalam mengamankan jalannya Pilkada serentak yang aman dan damai, serta berharap penyelenggaraan Pilkada serentak dapat berlangsung aman, tertib, dan damai," tandas Brigjen Candra Wijaya. *pol

Komentar