nusabali

Angin Kencang, Pohon Bertumbangan di Tabanan

  • www.nusabali.com-angin-kencang-pohon-bertumbangan-di-tabanan

TABANAN, NusaBali
Angin kencang yang terjadi di Tabanan pada Senin (7/12) mengakibatkan pohon tumbang di 3 titik.

Titik pertama, pohon berdiameter 80 centimeter di simpang tiga Banjar Selemadeg Kaja, Desa/Kecamatan Selemadeg, tumbang pada Senin siang. Akibat kejadian tersebut, pohon sempat menutup badan jalan dan memutus kabel listrik.

Informasi yang diperoleh, pohon yang tumbang tersebut adalah pohon boni,  tumbang pukul 13.30 wita. Pohon yang tumbang ini karena angin kencang, di samping itu kondisi batang di bagian bawah sudah rapuh.

Kapolsek Selemadeg AKP I Kadek Ardika menegaskan, pasca pohon tumbang yang menutup badan jalan, masyarakat dan polisi langsung melakukan evakuasi. Bahkan sudah melakukan koordinasi dengan PLN untuk melakukan perbaikan. “Pohon tumbang tidak menimpa rumah, jadi tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” tegasnya.

Kata AKP Ardika, penanganan pohon tumbang ini perlu waktu hampir 1 jam. Petugas PLN dan polisi langsung memotong pohon yang tumbang ke jalan tersebut. “Arus lalu lintas tak terganggu, karena jalur sedikit sepi,” imbuhnya.

Titik kedua, pohon jenis santen tumbang menimpa warung di Banjar Cengolo, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Senin (7/12) sore. Warung yang tertimpa pohon tumbang berdiameter 30 centimeter ini rusak parah.

Di sisi lain peristiwa pohon dan tiang listrik tumbang dilaporkan di jalur Denpasar-Singaraja tepatnya di Banjar Taman Tanda, Desa Batunya, Kecamatan Baturiti, pada Minggu (6/12) malam pukul 22.00 Wita. Pohon yang berdiameter sekitar 1 meter menutup jalur lama arah Denpasar – Singaraja.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Tabanan I Putu Trisna Widiatmika menegaskan evakuasi pohon tumbang sudah selesai dilakukan dengan melibatkan TNI dan Polri. Sementara terkait dengan tiang listrik sudah dikoordinasikan dengan PLN. “Tidak mengganggu arus lalulintas arena arus lalulintas diarahkan menuju Shortcut 4,” tegasnya.

Untuk itu, dia mengimbau di tengah cuaca ekstrem ini masyarakat agar waspada. Jika terjadi angin kencang ketika mengendarai sepeda motor dan mobil harap menepi sejenak sampai situasi membaik. “Kami harapkan masyarakat lebih waspada saat musim hujan disertai angina kencang ini,” tandas Trisna Widiatmika. *des

Komentar