nusabali

Ajak Masyarakat Lestarikan Mangrove dan Memanfaatkan Potensi Laut

Bupati Giri Prasta Temui Kelompok Nelayan Wanasari Tuban

  • www.nusabali.com-ajak-masyarakat-lestarikan-mangrove-dan-memanfaatkan-potensi-laut

MANGUPURA, NusaBali
Hari pertama kerja setelah cuti di luar tanggungan selama dua bulan untuk mengikuti tahapan Pilkada 2020, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menemui Kelompok Nelayan Wanasari Tuban, bertempat di Kampung Kepiting Tuban, Kecamatan Kuta, Senin (7/12).

Bupati Giri Prasta mendengarkan masukan yang disampaikan oleh perwakilan prajuru desa adat/dinas maupun perwakilan Kelompok Nelayan Wanasari Tuban. Salah satu usulan yang disampaikan oleh Agus Suyasa selaku Sekretaris Desa Adat Tuban adalah program revitalisasi jalan paving yang biasa digunakan oleh masyarakat Tuban untuk melaksanakan upacara nganyut dan turun melaut bagi para nelayan. Saat ini kondisinya sudah mengalami longsor di beberapa titik akibat terkena abrasi air laut.

Bupati Giri Prasta langsung menyatakan kesiapannya untuk segera memproses proyek revitalisasi jalan yang diusulkan oleh masyarakat, dan akan menerjunkan tim dari dinas terkait untuk meninjau ke lapangan. “Kami akan segera menerjunkan tim dari dinas terkait untuk melaksanakan peninjauan ke lokasi, agar proyek ini bisa segera kita eksekusi,” ujarnya.

Menurut Giri Prasta, pembangunan dan revitalisasi infrastruktur merupakan sebuah keharusan guna mendorong dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Badung harus terus berpacu agar infrastruktur kita bisa berdaya saing, sehingga menjadi pendongkrak perekonomian. Pembangunan infrastruktur memang hal yang penting. Karena dengan adanya infrastruktur yang memadai, akan mendorong kemandirian perekonomian masyarakat Badung,” tandasnya.

Giri Prasta menambahkan, yang disampaikan dan diusulkan oleh masyarakat sejalan dengan program Pemkab Badung dalam membantu nelayan untuk membersihkan ganggang/eceng gondok yang ada di perairan segara timur Tuban. “Hari ini (kemarin) kami turun memberikan sosialisasi berkenaan program pemkab membantu nelayan untuk membersihkan ganggang di Segara Kangin Tuban. Kegiatan ini sebagai bagian dari daftar inventaris masalah (DIM). Saya tentu tidak bisa menyelesaikan masalah secara sendiri, tapi saya meyakini tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Kami berharap masyarakat mampu menjaga kelestarian hutan mangrove yang ada di wilayah Tuban sekaligus dimanfaatkan potensi lautnya untuk mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat,” ujar Giri Prasta.

Acara tersebut dihadiri oleh anggota DPRD Badung AA Anom Gumanti, Kadis Perikanan Badung Nyoman Suardana, Camat Kuta Nyoman Rudiarta, serta prajuru adat dan dinas di lingkungan Desa Adat Tuban. *

Komentar