nusabali

Tebing Bebatuan Bukit Abah Longsor

  • www.nusabali.com-tebing-bebatuan-bukit-abah-longsor

SEMARAPURA, NusaBali
Material tebing bebatuan setinggi 30 meter di Bukit Abah, Desa Besan, Kecamatan Dawan, Klungkung, tiba-tiba longsor, Senin (7/12) pagi.

Akibatnya, akses jalan setempat tidak bisa dilalui warga. Menurut warga sekitar Wayan Suwena,45, bencana tersebut terjadi dinihari sekitar pukul 01.00 Wita. Ketika itu Suwena tengah melintasi jalan Bukti Abah dengan mengendarai sepeda motor. Tiba-tiba tebing bebatuan di atasnya longsor. "Belum setengah menit saya lewat langsung ada seperti suara gemuruh. Ternyata di belakang saya bebatuan longsor dari atas," katanya. Menurutnya, longsor terjadi akibat diguyur hujan deras belakangan ini.

Perbekel Desa Besan Ketut Yasa menambahkan, kawasan ini merupakan daerah rawan longsor terutama pada saat musim hujan. “Ini merupakan kawasan langganan longsor, setiap hujan pasti ada saja, titik yang longsor, untuk itu saat lewat daerah ini harus waspada," katanya.

Menindaklanjuti kejadian tersebut petugas BPBD Klungkung, Polri/TNI, Tagana serta petugas PLN dibantu warga sekitar langsung turun untuk bergotong royong membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan. Namun, mereka tetap kesulitan  mengingat selain jalan tanjakan terjal, di bawah tebing juga ada kediaman warga yang harus diselamatkan dari batu-batu besar jika sampai menggelinding ke bawah.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta saat meninjau langsung meninjau tanah longsor mengatakan, petugas dari Dinas PUPR dan BPBD Klungkung sudah turun bersama-sama untuk bergotong-royong membersihkan tumpukan material yang menutupi jalan. Bahkan, proses pembersihan material ini menggunakan alat berat. "Saat ini sedang dilakukan pembersihan material, semoga hari ini bisa selesai agar akses jalan bisa kembali buka normal," harapnya. *wan

Komentar