nusabali

Angin Kencang, Pohon Tumbang di 11 Titik di Badung

  • www.nusabali.com-angin-kencang-pohon-tumbang-di-11-titik-di-badung

MANGUPURA, NusaBali
Angin kencang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Badung, Senin (7/12), mengakibatkan belasan pohon tumbang.

Syukurlah tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Salah satu wilayah diterjang angin kencang yakni Desa Pelaga, Kecamatan Petang. Pj Perbekel Pelaga Made Sandu yang dikonfirmasi mengungkapkan angin kencang di wilayahnya terjadi sekitar pukul 11.00 Wita. Angin kencang yang terjadi sangat cepat mengakibatkan pepohonan di sejumlah titik di Desa Pelaga tumbang. “Paling besar pohon beringin di jalan menuju Pura Bukit Peninjauan yang berlokasi di Banjar Adat Pelaga,” ungkapnya.

Tumbangnya pohon ini menutup akses jalan menuju Pura Penataran Pucak Mangu. Pihaknya bersama masyarakat, BPBD Badung, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas melakukan pembersihan agar akses jalan bisa dilalui. “Pembersihan akan kami lanjutkan besok (hari ini). Untuk sementara jalur menuju Pura Pucak Mangu sudah bisa dilalui,” kata Made Sandu.

Sementara Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung Ni Nyoman Ermy Setiari membenarkan kejadian pohon tumbang yang disebabkan angin kencang di Desa Pelaga. Bahkan dampak terjangan angin kencang juga terjadi di wilayah Kecamatan Mengwi dan Abiansemal.

“Kami mencatat ada 11 titik pohon tumbang di Badung. Ada yang terjadi sekitar pukul 11.00 Wita, ada juga yang terjadi sekitar pukul 16.00 Wita. Namun syukur tidak ada korban jiwa,” kata Ermy Setiari.

Berdasarkan data dari BPBD Badung, pohon tumbang terjadi di antaranya di Jalan Raya Tangeb, Banjar Kebayan, Desa Munggu, Kecamatan Mengwi. Pohon tumbang di kawasan tersebut sempat menutup akses jalan beberapa saat. Pohon tumbang menutup akses jalan di Banjar Tiying Tutul, Desa Pererenan, Kecamatan Mengwi. Lalu pohon tumbang terjadi di Banjar Umapoh, Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi.

Berikutnya pohon tumbang menutupi akses jalan di Banjar Sulangai, Desa Sulangai, Kecamatan Petang. Pohon tumbang juga menutup akses jalan di Banjar Batulantang, Desa Sulangai, Kecamatan Petang. Pohon tumbang menutup akses jalan di perbatasan Banjar Semanik dengan Banjar Tiyingan, Desa Pelaga, Kecamatan Petang. Kemudian pohon tumbang menimpa kabel listrik di Banjar Sandakan, Desa Sulangai, Kecamatan Petang. Pohon tumbang menutup akses jalan di utara Bagus Agro Pelaga, Desa Pelaga, Kecamatan Petang.

Berikutnya pohon tumbang terjadi di Banjar Gunung, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, Kecamatan Abiansemal. Masih di Kecamatan Abiansemal, pohon tumbang menutup akses jalan di Banjar Belawan, Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani. Serta pohon tumbang juga terjadi di Banjar Kedampal, Desa/Kecamatan Abiansemal.

Lantaran cuaca kerap berubah-ubah, Ermy Setiari mengimbau masyarakat agar selalu waspada. Diimbau agar segera menghubungi petugas bila terjadi bencana di lingkungan tempat tinggalnya, sehingga bisa mendapat atensi dari petugas. *asa

Komentar