nusabali

Radio Publik Kota Denpasar Caring and Sharing di Masa Pandemi

  • www.nusabali.com-radio-publik-kota-denpasar-caring-and-sharing-di-masa-pandemi

DENPASAR, NusaBali
Menghadapi pandemi Covid-19 sejak Maret lalu, membawa dampak sangat besar bagi berbagai sendi kehidupan masyarakat, baik pertumbuhan ekonomi, sosial, pendidikan, budaya.

Namun  LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal) Radio Publik Kota Denpasar 92.6 FM, tetap melaksanakan kegiatan bersiaran seperti biasa. “Karena justru di saat seperti inilah radio mempunyai peranan sangat penting sebagai media deseminasi informasi yang terpercaya dalam menyampaikan berbagai informasi mengenai Covid-19, sekaligus mengedukasi masyarakat berperilaku hidup sehat dan menerapkan protokol kesehatan,” kata Kepala Stasiun LPPL Radio Publik Kota Denpasar Cokorda Istri Sri Kristina Dewi SS Msi, Kamis (3/12).
.
‘Sharing’ informasi serta edukasi tersebut disampaikan melalui dialog interaktif, informasi serta tips, features, berita, iklan layanan masyarakat serta liputan yang dilakukan bekerjasama dengan narasumber resmi dari perangkat daerah terkait, seperti RSUD Wangaya, Dinas Kesehatan, Satgas Covid, institusi pendidikan, lembaga swadaya masyarakat serta narasumber berkompeten lainnya. “Sehingga informasi yang disampaikan kepada masyarakat benar-benar terpercaya dan diyakini kebenaranya, karena selama ini masyarakat seringkali dibuat bingung serta resah dengan tersebarluasnya berbagai informasi hoaks,” jelas Cokorda Istri Sri Kristina Dewi.

Bukan itu saja, LPPL RPKD 92,6 FM juga menunjukkan ‘caring’ atau kepedulian terhadap dunia usaha, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), seniman lokal, serta generasi muda kreatif dengan menyediakan program ‘Creatif Weekend’ yang berisi dialog interaktif online melalui webinar yang dilaksanakan setiap hari Sabtu, pada minggu ke-I dan 3. Pelaku UMKM dan generasi muda kreatif Kota Denpasar mendapat ruang mengulas serta mempromosikan produk-produk usaha mereka. Sedangkan untuk seniman lokal Bali baru ataupun lawas, disiapkan program Wirasa Artis Bali, merupakan dialog interaktif online melalui webinar yang dilaksanakan setiap hari Rabu pada minggu ke-2 dan 4 untuk mempromosikan album-album mereka kepada penggemar lagu Bali.

Memperingati 18 tahun mengudara, tepatnya 21 Oktober 2020, LPPL RPKD 92,6 FM menggelar Lomba Cover Lagu Bali online melalui Instagram Radio Publik Kota Denpasar serta Bakti Sosial dengan menyerahkan sumbangan sembako, alat mandi, masker serta handsanitizer dari donator serta partisipasi masyarakat. “Situasi pandemi jangan membuat kita lemah, pasrah, ataupun menyerah pada keadaan, namun harus bangkit, kembali beraktivitas dan tetap produktif, hidup berdampingan dengan Covid-19 mengharuskan kita beradaptasi dengan kebiasaan baru, senantiasa menerapkan protokol kesehatan dan menjaga imun tubuh dengan perilaku hidup sehat,” tuntas Cokorda Istri Sri Kristina Dewi.*

Komentar