nusabali

Rawan Terjadi Genangan di Musim Hujan, Sejumlah Drainase di Kuta Dibersihkan

  • www.nusabali.com-rawan-terjadi-genangan-di-musim-hujan-sejumlah-drainase-di-kuta-dibersihkan

MANGUPURA, NusaBali
Petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung membersihkan sejumlah saluran air yang ada di kawasan Legian dan Kuta, Kamis (3/12).

Pembersihan saluran air atau drainase ini untuk mengantisipasi luapan air saat musim penghujan. Salah satu kawasan yang menjadi perhatian adalah Jalan Dewi Sri Legian, Kecamatan Kuta.

Kadis PUPR Kabupaten Badung Ida Bagus Surya Suamba, menerangkan pembersihan sampah dan lumpur di saluran air itu rutin dilakukan. Apalagi saat musim penghujan datang. Pembersihan itu mulai dari kawasan Legian, Seminyak, Kuta, dan lainnya. “Pembersihan itu untuk mengantisipasi terhambatnya aliran air saat musim penghujan. Sehingga, kami melakukan penanganan sejak dini dengan membersihkan seluruh saluran yang airnya berpotensi meluap,” ujar Surya Suamba, Kamis sore kemarin.

Menurut Surya Suamba, selama beberapa hari belakangan ini, pihaknya melakukan pembersihan mulai dari Central Park Kuta, sekitar Jalan Nakula, dan di Jalan Dewi Sri Legian. Dari sejumlah titik itu, pihaknya membersihkan sampah dan juga lumpur yang mengendap di saluran air. “Bervariasi yang menghambat saluran itu. Mulai dari berbagai jenis sampah hingga lumpur. Semuanya kita bersihkan,” ungkap Surya Suamba.

Lurah Legian I Made Madia menerangkan, pembersihan saluran drainase khususnya di Jalan Dewi Sri, Legian tersebut bagian dari upaya mengantisipasi banjir saat musim penghujan. Pasalnya, kawasan tersebut kerap terjadi luapan air saat terjadi hujan lebat. Sehingga, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kabupaten Badung untuk melakukan pembersihan sampah dan lumpur yang mengendap di saluran tersebut.

Madia menambahkan, di saluran air di Jalan Dewi Sri itu memang kerap terjadi luapan saat hujan deras. Sehingga sebagian jalan kerap tertutup genangan air. Hal itu bisa menimbulkan berbagai persoalan, mulai dari membahayakan pengendara hingga menyebabkan penyakit.

“Karena kalau ada genangan, tentu bisa menjadi sarang nyamuk. Apalagi, sepanjang kawasan itu merupakan pemukiman padat penduduk. Ya, harapannya setelah bersih, air bisa mengalir melalui saluran itu dan tidak ada genangan di sepanjang kawasan tersebut,” kata Madia. *dar

Komentar