nusabali

Tahun 2021, Klungkung Bangun Jalan Penghubung 3 Desa di Kecamatan Dawan

  • www.nusabali.com-tahun-2021-klungkung-bangun-jalan-penghubung-3-desa-di-kecamatan-dawan

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau lokasi rencana jalan lingkar penghubung tiga desa di Kecamatan Dawan, Klungkung, Selasa (1/12).

Jalan lingkar dengan panjang 4 km dan lebar 6 meter ini mencakup Desa Dawan Kelod, Desa Dawan Kaler, dan Desa Besan. Rencana pembangunan jalan lingkar ini sudah dibahas oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, saat memimpin temu wirasa di Balai Banjar Kawan, Desa Besan, Kecamatan Dawan, Rabu (18/9) lalu. Dalam kesempatan itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan pembangunan jalan yang berada di pinggir bukit menghubungkan Desa Dawan Klod -  Dawan Kaler – Desa Besan akan dilaksanakan pada Februari 2021. "Pembangunan ini melalui program karya bhakti yang akan dikerjakan oleh TNI dengan biaya Rp 2,5 miliar, secara bertahap," katanya.

Bupati Suwirta menyampaikan ide tersebut tercetus ketika jalan-jalan di pinggir bukit wilayah Desa Dawan Kaler. Bupati melihat ada potensi luar biasa yang belum digarap. Sehingga diharapkan dengan adanya jalan melingkar ini, maka potensi di sekitar jalan tersebut dapat digarap dengan baik. Begitu pula lahan yang tidak produktif diperbukitan dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan perekonomian masyarakat sekitar.

"Tujuan dari pembangunan jalan lingkar ini yakni untuk mengembangkan Desa Dawan Kelod, Dawan Kaler dan Desa Besan menjadi satu kesatuan kegiatan, baik untuk desa wisata, agro wisata, maupun kegiatan perekonomian lainnya," katanya.

Bupati Suwirta mengingatkan kepada instansi terkait dalam pembuatan jalan lingkar, dapat dibuat dengan baik, tidak terlalu curam. Hal ini untuk mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan dalam membuat jalan lingkar, serta memperhitungkan jarak antara jalan utama dengan jalan melingkar tidak terlalu dekat.

Hadir pada acara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman Klungkung Anak Agung Lesmana. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Klungkung I Wayan Suteja, Kepala Dinas Pariwisata Klungkung AA Gede Putra Wedana Camat Dawan, I Dewa Gede Widiantara, dan instansi terkait.*wan

Komentar