nusabali

Lab PCR BRSU Tabanan Mulai Berlakukan 2 Shift

  • www.nusabali.com-lab-pcr-brsu-tabanan-mulai-berlakukan-2-shift

TABANAN, NusaBali
Sejak mendapat bantuan mesin PCR (Polymerase Chain Reaction), Laboratorium BRSU Tabanan sudah berlakukan dua shift.

Dengan tambahan jam kerja ini, Lab PCR BRSU Tabanan sudah bisa uji 248 sampel swab dalam dua kali running. Pemberlakuan 2 shift dilaksanakan sejak pekan lalu, sedangkan uji swab mandiri dilakukan sejak 15 Oktober 2020. Sebelumnya dengan adanya 1 mesin dengan kapasitas 30 sampel sekali running, sehari hanya bisa menguji 50-60 sampel.

Penanggung Jawab Lab PCR dan Mikrobiologi BRSU Tabanan dr I Wayan Duta Krisna, menjelaskan penambahan shift memperpanjang jam kerja. Ini karena Lab PCR BRSU Tabanan kembali dibantu mesin PCR berkapasitas 94 sampel dalam sekali running. “Total sekarang dalam sehari bisa dilakukan uji 248 sampel, dari awalnya 50-60 sampel,” ujarnya, Senin (30/11).

Kendati sudah diberlakukan 2 shift, uji sampel masih dilakukan untuk Tabanan saja. “Kami belum menerima sampel swab dari luar, masih Tabanan saja,” imbuh dr Duta Krisna.

Dia menambahkan dengan tambahan jam kerja ini, Lab PCR BRSU Tabanan sudah bisa melalukan uji swab mandiri. Sebab Lab PCR BRSU Tabanan sudah ditunjuk secara resmi oleh Kemenkes dan Garuda Indonesia untuk pemeriksaan swab pelaku perjalanan ke luar negeri.

“Swab mandiri sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Kami juga ditunjuk oleh Kemenkes untuk pemeriksaan swab bagi pelaku perjalanan luar negeri,” tutur dr Duta Krisna.

Seperti berita sebelumnya Lab PCR BRSU Tabanan kembali dapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Bali berupa mesin dengan kapasitas 94 sampel sekali running. Sebelumnya sudah dibantu mesin dengan kapasitas 30 sampel sekali running. Biaya uji swab mandiri di BRSU Tabanan sebesar Rp 889.000 per orang. *des

Komentar