nusabali

Wisman Diharapkan Masuk 2021

  • www.nusabali.com-wisman-diharapkan-masuk-2021

DENPASAR, NusaBali
Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPD Apindo) Bali berharap kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali sudah dibuka per 2021.

“Jika pembukaan Bali untuk wisman terus ditunda, tentu pengusaha semakin sulit,” kata Ketua DPD Apindo Bali I Nengah Nurlaba, Minggu (29/11).

Saat ini Apindo memahami dan mengerti sikap pemerintah masih belum membuka Bali untuk wisman karena masih fokus pada penanganan pandemi Covid-19. “Awalnya kita (pengusaha) berharap Desember Bali sudah dibuka untuk wisman,” ujar Nurlaba pengusaha asal Jembrana.

Namun dari perkembangan yang ada, ternyata masih belum. Harapan agar wisman datang ke Bali sehingga mendorong  pertumbuhan ekonomi Bali lebih maksimal belum  terjadi.

Karena itulah mau tidak mau, memaksimalkan kunjungan wisatawan nusantara harus lebih maksimal dilakukan.

Nurlaba optimis, usaha untuk menggenjot lebih banyak wisatawan domestik lebih ramai ke Bali, tidak sia-sia. Dari perkembangan di lapangan menunjukkan semakin banyak kunjungan wisatawan domestik ke Bali. “Beberapa artis juga mulai berlibur di Bali,” ungkap Nurlaba.

Jika sampai  akhir tahun 2020 Bali belum dibuka untuk wisman, Apindo sangat berharap 2021 Bali sudah buka untuk  wisman. “Karena bagaimana pun perekonomian Bali yang dominan  bergantung pada  sektor pariwisata, tentu sangat butuh turis atau wisatawan,” ujarnya.

Turis domestik, kata Nurlana, sudah pasti, kini tinggal turis mancanegara. “Kita tidak tidak mungkin  terus-terusan begini. Ekonomi Bali mesti harus bangkit,” tandas Nurlaba.

Jumlah pengusaha yang tergabung dalam Apindo Bali sebanyak 450 orang. Sebagian besar pengusaha pariwisata. Hampir seluruhnya juga kondisi para pengusaha tersebut berat, akibat macetnya pariwisata Bali.  *k17

loading...

Komentar