nusabali

Polsek Kubu Jaring Pemotor Tak Pakai Helm

  • www.nusabali.com-polsek-kubu-jaring-pemotor-tak-pakai-helm

AMLAPURA, NusaBali
Kapolsek Kubu, Karangasem AKP I Nengah Sona menjaring pengendara dari kaum pelajar dan pengendara umum, yang tidak tertib mengenakan helm.

Tujuannya untuk menekan angka kecelakaan lalulintas, apalagi jalur Amlapura-Singaraja padat arus lalulintas, yang rawan kecelakaan. Semua pengendara yang terjaring digiring ke halaman Mapolsek Kubu, Banjar/Desa Kubu, Kecamatan Kubu, Karangasem, Kamis (26/11).

Kapolsek Kubu AKP I Nengah Sona memberikan arahan, agar di kemudian hari berkendara sepeda motor mesti menggunakan helm. Hal itu mengacu amanat UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan. Tujuan menggunakan helm, ada enam manfaat: melindungi kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan lalulintas, melindungi wajah terutama mata dari angin, debu, kotoran dan benda berbahaya, melindungi kepala dari panas matahari, melindungi kepala dari air hujan, membuat penampilan lebih menarik, dan mencegah kena tilang (tindakan langsung). Sebab, jika tidak menggunakan helm, dianggap telah melanggar UU Nomor 22 Tahun 2009.

"Ini sebenarnya kegiatan rutin jajaran Polsek Kubu, walau telah berulang kali ditegur, diingatkan, dan diberikan pembinaan, masih saja ada yang melanggar terutama siswa SMP tidak menggunakan helm, tidak memiliki SIM dan masih di bawah umur," jelas AKP I Nengah Sona.

Padahal helm itu sudah jelas fungsinya, untuk keamanan, keselamatan dan melindungi kepala dari benturan ketika mengalami kecelakaan lalulintas.

"Petugas setiap hari tidak bosan-bosannya mengingatkan pengendara, agar tertib berlalulintas, wajib gunakan helm, dan masker," lanjut Kapolsek Kubu AKP I Nengah Sona, yang didampingi beberapa anggotanya melakukan pembinaan.  *k16

Komentar