nusabali

Jembrana Tambah Jadwal Swab Massal

  • www.nusabali.com-jembrana-tambah-jadwal-swab-massal

Kini jadwal swab untuk kontak erat tetap hari Senin, Rabu, dan Jumat. Sedangkan Selasa dan Kamis, dikhususkan untuk ASN serta TNI/Polri.

NEGARA, NusaBali
Satgas Penanganan Covid-19 Jembrana menambah jadwal swab massal bagi ASN serta TNI/Polri. Jika sebelumnya swab dilakukan 3 kali dalam sepekan (Senin, Rabu, dan Jumat), kini swab diagendakan setiap hari kerja, Senin hingga Jumat.

Humas Satgas Penanganan Covid-19 Jembrana dr I Gusti Agung Putu Arisantha, Selasa (24/11), mengatakan ditambahnya jadwal swab menjadi 5 kali dalam seminggu itu, bertujuan meningkatkan testing Covid-19. Di samping itu, sekalian membagi antara jadwal swab massal ASN serta TNI/Polri di Jembrana, dengan swab warga yang merupakan kontak erat tracing pasien positif Covid-19 maupun warga yang sempat terdeteksi reaktif rapid test.

“Sekarang kami pisah jadwalnya. Untuk swab kontak erat tetap hari Senin, Rabu, dan Jumat. Sedangkan Selasa dan Kamis, dikhususkan untuk ASN serta TNI/Polri. Yang swab khusus ASN serta TNI/Polri sudah dilaksanakan mulai Selasa hari ini (kemarin), dan nanti berlanjut,” ujar Arisantha yang juga Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Jembrana.

Menurut Arisantha, lokasi swab tetap di wantilan Hotel Jimbarwana. Meski jadwal swab ditambah, namun tidak sampai menambah petugas. Pada setiap pelaksanaan swab, melibatkan 10 orang petugas kesehatan yang sudah terlatih. Rata-rata setiap petugas dapat mengambil sampel swab 10 orang. Atau dengan 10 petugas itu, maksimal dapat mengambil sampel swab 100 orang per hari.

“Ya batasan maksimal 100 sampel per hari. Terkecuali hari Senin kemarin, kami sempat mengambil sampai 155 sampel swab. Karena kemarin itu, sementara masih digabung yang kontak erat dengan swab ASN, TNI/Polri. Apalagi Senin kemarin itu, kami juga swab untuk kontak erat dari tambahan kasus yang cukup banyak pada hari Minggu lalu,” ucap Arisantha.

Khusus untuk pelaksanaan swab massal ASN, TNI/Polri yang sudah berjalan, kata Arisantha, sementara masih diikuti jajaran ASN dan Polri. Sementara untuk jajaran TNI, kemungkin dimulai Kamis (26/11). “Kalau dari Polri, sudah ada ratusan yang diswab. Sedangkan ASN, kita atur bertahap per OPD (organisasi perangkat daerah). Sementara ini, kalau dari ASN masih dijadwalkan untuk Satpol PP,” kata Arisantha. *ode

loading...

Komentar