nusabali

Single Perbedaan Akhirnya Dirilis

Vakum Delapan Bulan

  • www.nusabali.com-single-perbedaan-akhirnya-dirilis

DENPASAR, NusaBali
Sebuah grup musik yang berbasis di Karangasem, Navanias baru saja merilis single ketiga berjudul Perbedaan.

Lagu ini dirilis pada 21 November 2020 lalu pada kanal YouTube Navanias. Lagu ini sendiri merupakan ciptaan Giborr sang vokalis, yang sekaligus juga membintangi video musik lagu ini.

Dalam single Perbedaan Navanias menghadirkan lagu berbahasa Bali. Lagu ini merupakan pengalaman pribadi salah satu personilnya yang menceritakan tentang sepasang kekasih yang berpisah karena perbedaan.

“Dalam lagu ini, perbedaan itu sendiri diceritakan secara umum, tergantung pendengar mempersepsikan makna perbedaan itu sendiri, baik itu karena perbedaan kasta, perbedaan materi, perbedaan jarak, perbedaan prinsip, dan lain-lain,” ujar sang vokalis Navanias, I Ketut Semadi Widiantara atau yang juga dikenal dengan nama Giborr ini.

Lagu Perbedaan, sejatinya mulai digarap sejak delapan bulan lalu, namun terhalang pandemi. “Karena pandemi kita break sementara untuk penggarapan single ini. Setelah sekian lama tidak beraktivitas di musik karena pandemi, kita menggagas untuk melanjutkan project single kita, agar terus bisa berkarya,” lanjutnya.

Single Perbedaan sendiri merupakan single ketiga Navanias. Sebelumnya, Navanias sudah memiliki dua single, yakni Ajam Dogen pada tahun 2018 dan 25+ di tahun 2019. Berikutnya, grup beranggotakan empat orang ini berencana untuk menggarap album perdana, yang ditargetkan dirilis pada awal tahun 2022 mendatang.

Beranggotakan empat personel, band ini mengusung genre pop, rock, alternative berbahasa Bali dalam lagu-lagunya. Keempat personel itu yaitu  I Ketut Semadi Widiantara alias Giborr pada vocal dan gitar rithm, I Gede Tangkas Suryawan alias Dekas pada lead gitar, I Putu Juliantara alias Chipuk pada bass, dan I Nyoman Ari Wibawa alias Arix pada drum.

Tiga dari empat personel ini, yakni Giborr, Dekas, dan Chipuk, berasal dari Karangasem, sementara I Nyoman Ari Wibawa atau yang juga disapa Arix berasal dari Klungkung. Dalam perjalanannya, band ini banyak terinspirasi dari berbagai band baik di dalam negeri maupun luar negeri, seperti Sheila On 7, Navicula, Gigi, Avenged Sevenfold, dan lainnya.

Dibalutnya lagu Perbedaan dengan lirik yang sederhana dan aransemen musik yang simple diharapkan membuat lagu ini mudah dinikmati oleh para penikmat musik Bali.

“Harapan Navanias sendiri, semoga karya-karya Navanias bisa diterima di masyarakat semua kalangan, dan juga bisa meramaikan blantika musik Bali,” tuntas vokalis asal Karangasem ini.*cr74

loading...

Komentar