nusabali

Surat Suara Pilkada Bangli Tiba, Pelipatan Dijadwalkan Dua Hari

  • www.nusabali.com-surat-suara-pilkada-bangli-tiba-pelipatan-dijadwalkan-dua-hari

BANGLI, NusaBali
KPU Bangli telah menerima surat suara untuk Pilkada Bangli 9 Desember mendatang. Surat suara tersebut langsung disimpan di KPU Bangli yang berlokasi di Banjar Sidawa, Desa Tamanbali, Kecamatan Bangli, Minggu (22/11).

Sementara itu pelipatan surat suara yang jumlahnya ratusan ribu tersebut dijadwalkan selama dua hari. Ketua KPU Bangli, Putu Gede Pertama Pujawan, mengatakan surat suara yang tercetak untuk Pilkada Bangli sebanyak 195.916 lembar. Dari jumlah tersebut ada 2.000 lembar untuk pemungutan suara ulang. Surat suara yang tersimpan dalam 98 box tiba di gudang KPU dengan pengawasan dan pengawal ketat.

"Selama proses pencetakan mendapat pengawasan dari kami, kemudian Bawaslu serta pihak kepolisian. Bahkan pengawasan dilakukan 24 jam," ungkapnya.

Pencetakan surat suara dilakukan PT Temprina Grafika Denpasar. Lanjut Putu Pujawan untuk tahap selanjutnya akan dilakukan pensortiran surat suara dan pelipatan. Proses tersebut diagendakan selama dua hari, yakni mulai Senin (23/11) hingga Selasa (24/11). Disinggung waktu yang terbilang singkat, Putu Pujawan mengatakan jika surat suara hanya dua lipatan sehingga proses tidak terlalu lama.

Kemudian untuk pelipatan akan melibatkan 25 orang tenaga pensortir dan pelipat surat suara berasal dari seputaran kota dan berbagai kalangan. Sedangkan lokasi pelipatan meminjan tempat di SDN2 Bebalang, Kelurahan Bebalang, Bangli.

Kata Putu Pujawan, tenaga pelipat surat suara lebih dulu diberikan pembekalan. Sehingga tenaga ini mengetahui katagori surat suara yang rusak. Sehingga surat suara yang rusak dapat dilaporkan dan bisa dicetak kembali. Di sisi lain, kabag Ops Polres Bangli Kompol I Nyoman Suarnata pimpin langsung pengamanan dan pengawalan pengiriman surat suara. Untuk pengamanan pihaknya telah menerjunkan puluhan personel yang di bagi sesuai tugasnya masing-masing. *esa

Komentar